KAJIAN EFEK MIKORIZA (Rhizoctonia solanii) DALAM KETAHANAN PLANLET VANILI (Vanilla planifolia Andrews) TERHADAP CEKAMAN KEKERINGAN SECARA IN VITRO

Abdi Tauhid Liwasputra, 1217021001 (2016) KAJIAN EFEK MIKORIZA (Rhizoctonia solanii) DALAM KETAHANAN PLANLET VANILI (Vanilla planifolia Andrews) TERHADAP CEKAMAN KEKERINGAN SECARA IN VITRO. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (957Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (827Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Vanili (Vanilla planifolia Andrews) memiliki potensi untuk dikembangkan di Indonesia serta bernilai jual tinggi. Kendala yang dihadapi dalam budidaya vanili di Indonesia antara lain musim kemarau yang berkepanjangan. Rhizoctonia merupakan jamur yang berperan sebagai mikoriza dan membantu dalam menyimpan hara dan air bagi tumbuhan. Poly Ethylene Glycol (PEG 6000) yang diberikan pada medium kultur jaringan mampu mensimulasi cekaman air. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kandungan klorofil dan karbohidrat terlarut total planlet vanili yang diinokulasi dengan Rhizoctonia solanii dan diberi PEG 6000 pada konsentrasi 0%, 25% dan 35% secara in-vitro. Medium yang digunakan dalam penelitian yaitu medium Murashige & Skoog (MS) padat dengan penambahan PEG 6000. Rancangan yang digunakan yaitu Rancangan Acak Lengkap Faktorial (RALF) dengan dua faktor yaitu inokulasi R.solanii dan PEG 6000. Data dianalisis dengan ANOVA dan uji lanjut dengan Beda Nyata Terkecil (BNT) pada taraf nyata 5%. Analisis kandungan klorofil diuji dengan metode Harbourne (1987) dan karbohidrat dengan metode fenol-sulfur (Dubois, 1956). Hasil penelitian menunjukkan bahwa inokulasi R.solanii pada PEG 6000 taraf konsentrasi 35% mampu meningkatkan kandungan karbohidrat terlarut total batang planlet V.planifolia. Karakter ekspresi spesifik pada planlet V.planifolia yang tahan terhadap cekaman kekeringan yaitu berupa peningkatan kandungan karbohidrat telarut total. Kata kunci: Cekaman Air, Poly Ethylene Glycol, Rhizoctonia solanii, Vanili.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > Q Science (General)
> QH Natural history > QH301 Biology
Program Studi: FAKULTAS MIPA > Prodi Biologi
Pengguna Deposit: 5277709 . Digilib
Date Deposited: 28 Oct 2016 08:15
Terakhir diubah: 28 Oct 2016 08:15
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/24378

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir