POTRET JOKOWI SEBAGAI KANDIDAT CALON PRESIDEN DALAM MEDIA ONLINE LIPUTAN6.COM (ANALISIS SEMIOTIKA BERITA JOKOWI DALAM MASA TENANG KAMPANYE PEMILU 2014)

YESSY TATHYANA, 1116031115 (2016) POTRET JOKOWI SEBAGAI KANDIDAT CALON PRESIDEN DALAM MEDIA ONLINE LIPUTAN6.COM (ANALISIS SEMIOTIKA BERITA JOKOWI DALAM MASA TENANG KAMPANYE PEMILU 2014). FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf

Download (100Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2300Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1187Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Media massa berpengaruh dalam membentuk opini publik, sehingga keberadaan dan peran media tidak terlepas dari kehidupan masyarakat, termasuk aspek politik di dalamnya. Peran media massa pun digunakan pada saat pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) Presiden Indonesia tahun 2014, dimana media digunakan oleh setiap calon presiden dalam menampilkan berbagai pemberitaan yang berkaitan dengan citra dan elektabilitas calon. Begitu juga dengan calon presiden Joko Widodo (Jokowi). Penelitian ini, melihat bagaimana sosok Jokowi digambarkan melalui pemberitaan yang dihadirkan pada masa tenang kampanye Pemilu 2014. Berbagai penggambaran yang ditampilkan oleh media online Liputan6.com terhadap penggambaran sosok Jokowi, dengan menggunakan teori Agenda Setting dan analisis Semiotika Roland Barthes. Penggambaran Jokowi terlihat dari teks media yang ditampilkan lewat bahasa media sebagai makna denotasi dan diuraikan sampai pada tahap konotasi dan mitos sesuai dengan analisis Semiotika Roland Barthes, sehingga hasil penelitian memberikan beberapa penggambaran sosok Jokowi seperti: Rendah Hati, Jujur, Sederhana, Punya Kepedulian Tinggi, Kemeja Kotak-Kotak sebagai Simbol Jokowi, Pekerja Keras, Pintar, dan Merakyat. Kata kunci : Potret Jokowi, Semiotika Barthes - Teori Agenda Setting, Liputan6.com. ABSTRACT Mass media is the most influent in shaping public opinion, the presence of the media's role can not be separated from public, include the political aspects in it. The role of the mass media was used during the implementation of Indonesia President Election in 2014, where a media used by president candidate to report the images and candidates electability, and also the president candidate Joko Widodo (Jokowi). The various potrait of Jokowi displayed in Liputan6.com, by text and media language within many signs in denotative, connotation and myth level. The theory used is the Agenda Setting Theory that describes the news Jokowi figure shown by media and Semiotics Analysis of Roland Barthes. The results of the study provide some depictions of Jokowi as: Humble, Honest, Modest, Got High Concern, Shirts Symbol Boxes as Jokowi, Hard Worker, Clever, and Populist. Keywords: Portrait Jokowi, Barthes Semiotics - Agenda Setting Theory, Liputan6.com.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > HE Transportation and Communications
> J General legislative and executive papers
> NX Arts in general
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Komunikasi
Pengguna Deposit: 9491840 . Digilib
Date Deposited: 28 Oct 2016 04:03
Terakhir diubah: 28 Oct 2016 04:03
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/24381

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir