KEBIJAKAN LAMPUNG POST DALAM PEMBENTUKAN CITRA POLITIK CALON BUPATI PESAWARAN PADA PILKADA 2015

AYU RARA NOVEMILIA, 1216021022 (2016) KEBIJAKAN LAMPUNG POST DALAM PEMBENTUKAN CITRA POLITIK CALON BUPATI PESAWARAN PADA PILKADA 2015. FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf

Download (42Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1524Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1399Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Media massa sebagai sarana medium penyampaian pesan memegang peranan yang sangat penting dalam komunikasi politik untuk pengembangan opini politik. Penilaian masyarakat tergantung bagaimana media massa memberikan nilai. Hal ini terjadi karena media massa dianggap sebagai alat ukur keberhasilan atau modernitas dan penerimaan publik. Jika dikaitkan dengan pilkada pesawaran 2015 tentu tidak terlepas dari campur tangan media massa, termasuk surat kabar Lampung Post dalam pembentukan citra politik calon Bupati Pesawaran 2015. Pada Pilkada Pesawaran 2015 semua calon Bupati terindikasi menggunakan media massa yaitu media cetak atau koran Lampung Post dalam upaya pencitraan guna membentuk opini publik. Peneliti memperoleh data pemberitaan tentang citra politik calon Bupati dari surat kabar Lampung Post pada bulan Juni – November 2015 menunjukkan adanya data yang fluktuatif dalam pemberitaan tersebut. Yaitu semua calon tidak memperoleh porsi pemberitaan yang sama. Media massa memiliki kekuatan untuk mempengaruhi agenda media kepada agenda publik. Bagaimanapun juga netralitas media dituntut agar mampu mencerdaskan masyarakat dalam menilai calon pemimpin yang berkualitas. Tujuan yang hendak dicapai dalam rangka penelitian ini adalah untuk mengetahui kebijakan Lampung Post dalam pembentukan citra politik calon Bupati Pesawaran pada Pilkada 2015. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah metode kualitatif dengan didukung oleh dokumentasi dan analisis wawancara mendalam melalui informan yang bersangkutan. Tekhnik pengolahan data yang digunakan adalah penyuntingan, tabulasi dan interpretasi. Tekhnik analisis data yang digunakan adalah dengan cara analisis data kualitatif, yaitu analisis yang dilakukan secara deskriptif dengan menggambarkan dokumentasi yang diperoleh di dalam penelitian. Berdasarkan hasil penelitian dapat dikemukakan bahwa kebijakan Lampung Post dalam pembentukan citra politik calon Bupati Pesawaran 2015 dapat dikatakan tidak netral. Dilihat dari 3 (tiga) aspek dalam kajian citra politik yaitu nilai, kepercayaan, dan pengharapan. Terlihat dari masing-masing aspek dalam pemberitaan semua calon Bupati Pesawaran 2015, porsi berita yang diberikan oleh Lampung Post tidak sama dan merata. Hal ini terlihat dari pengemasan berita Calon Bupati Pesawaran 2015 menunjukkan bahwa Lampung Post masih cenderung memihak terhadap salah satu calon walaupun keberpihakan tersebut diikuti dengan dalih “bukan unsur kesengajaan”. Kata Kunci : Media Massa, Lampung Post, Pilkada Pesawaran 2015. LAMPUNG POST POLICY IN THE IMAGE FORMATION OF PESAWARAN REGENT CANDIDATES IN THE ELECTION 2015 The mass media as a means of delivering a message medium plays a very important political communications for the development of political opinion. Rate society depends on how the mass media to deliver value. This occurs because the mass media are considered as a gauge of success or modernity and public acceptance. If it is associated with Pesawaran 2015 election would not be separated from the interference of the mass media, including newspapers Lampung Post in the image formation of political candidates for Regent Pesawaran, 2015. In Pesawaran Election 2015 candidate for Regent indicated using the mass media, namely print media or Lampung Post newspaper in an effort to imaging in order to shape public opinion. Researchers obtained data reporting about the political image of a candidate for Regent of Lampung Post newspaper in June - November 2015 data indicate a fluctuation in the article. Ie all the candidate does not obtain the same portion of the news. The mass media have the power to influence the media agenda to the public agenda. After all the media neutrality is required to be able to educate the public in assessing candidate quality leader. Goals to be achieved in the framework of this study is to determine the policies Lampung Post in the formation of political image Pesawaran regent candidate in the elections of 2015. The method used in this paper is a qualitative method supported by documentation and analysis of in-depth interviews with informants concerned. Data processing technique used is editing, tabulation and interpretation. Data analysis technique used is by means of qualitative data analysis, the analysis was done descriptively by describing the documentation obtained in the study. Based on the results of the study can be argued that the policy Lampung Post in the formation of political image of a candidate for Regent Pesawaran 2015 may be said not neutral. Judging from the three (3) aspects in the study of political image of value, trust, and hope. Seen from each aspect in the news all the candidates for Regent Pesawaran 2015, the portion of the news given by Lampung Post unequal and uneven. This is evident from the packaging news Regent Candidate Pesawaran Lampung Post in 2015 showed that they tended to side against one candidate even though the alignments followed by the name of "no element of intent". Key Word: Mass Media, Lampung Post, elections Pesawaran 2015

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > JA Political science (General)
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Pemerintahan
Pengguna Deposit: 5539978 . Digilib
Date Deposited: 28 Oct 2016 07:26
Terakhir diubah: 28 Oct 2016 07:26
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/24396

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir