Azhar, ETI NOPITA (2013) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGELOMPOKKAN DAN MENGKOMUNIKASIKAN PADA MATERI POKOK LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON-ELEKTROLIT SERTA REDOKS. Fakultas KIP, Universitas Lampung.
|
File PDF
2. COVER DALAM.pdf - Published Version Download (36Kb) | Preview |
|
|
File PDF
1. ABSTRAK.pdf - Published Version Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
3. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version Download (2228Kb) | Preview |
|
|
File PDF
5. LEMBAR PERNYATAAN.pdf - Published Version Download (1215Kb) | Preview |
|
|
File PDF
10. DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB 1.pdf - Published Version Download (28Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB 2.pdf - Published Version Download (50Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB 3.pdf - Published Version Download (62Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB 4.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (413Kb) |
||
|
File PDF
BAB 5.pdf - Published Version Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (9Kb) | Preview |
|
Archive
3. LAMPIRAN.zip - Published Version Download (3630Kb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Proses pembelajaran sangat dipengaruhi oleh ketepatan guru dalam memilih dan menerapkan model pembelajaran. Model yang dapat diterapkan untuk meningkatkan keterampilan mengelompokkan dan mengkomunikasikan adalah model pembelajaran problem solving. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan efektivitas pembelajaran model problem solving dalam meningkatkan keterampilan mengelompokkan dan mengkomunikasikan pada materi pokok larutan elektrolit dan nonelektrolit serta redoks. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Non Equivalent Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa MAN 1 Bandar Lampung tahun pelajaran 2012/2013 kelas X6 dan kelas X7. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data menggunakan n-Gain dan uji perbedaan dua ratarata (uji t). Hasil penelitian menunjukkan nilai rerata n-Gain keterampilan mengelompokkan kelas kontrol dan eksperimen masing-masing 0,44 dan 0,60 dan rerata n-Gain keterampilan mengkomunikasikan kelas kontrol dan eksperimen masing-masing 0,51 dan 0,66. Berdasarkan perbedaan dua rata-rata (uji t), diketahui bahwa kelas dengan pembelajaran problem solving memiliki keterampilan mengelompokkan dan mengkomunikasikan yang lebih tinggi dibandingkan kelas pembelajaran konvensional. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran problem solving efektif dalam meningkatkan keterampilan mengelompokkan dan mengkomunikasikan siswa. Kata kunci: Pembelajaran problem solving, keterampilan mengelompokkan dan mengkomunikasikan
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan > QD Chemistry |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Kimia |
Pengguna Deposit: | UPT Perpustakaan Unila |
Date Deposited: | 09 Jan 2014 05:36 |
Terakhir diubah: | 09 Jan 2014 05:36 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/244 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |