EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGELOMPOKKAN DAN MENGKOMUNIKASIKAN PADA MATERI POKOK LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON-ELEKTROLIT SERTA REDOKS

Azhar, ETI NOPITA (2013) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGELOMPOKKAN DAN MENGKOMUNIKASIKAN PADA MATERI POKOK LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON-ELEKTROLIT SERTA REDOKS. Fakultas KIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
2. COVER DALAM.pdf - Published Version

Download (36Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
1. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (2228Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
5. LEMBAR PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (1215Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
10. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf - Published Version

Download (28Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf - Published Version

Download (50Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf - Published Version

Download (62Kb) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (413Kb)
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf - Published Version

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (9Kb) | Preview
[img] Archive
3. LAMPIRAN.zip - Published Version

Download (3630Kb)

Abstrak

Proses pembelajaran sangat dipengaruhi oleh ketepatan guru dalam memilih dan menerapkan model pembelajaran. Model yang dapat diterapkan untuk meningkatkan keterampilan mengelompokkan dan mengkomunikasikan adalah model pembelajaran problem solving. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan efektivitas pembelajaran model problem solving dalam meningkatkan keterampilan mengelompokkan dan mengkomunikasikan pada materi pokok larutan elektrolit dan nonelektrolit serta redoks. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Non Equivalent Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa MAN 1 Bandar Lampung tahun pelajaran 2012/2013 kelas X6 dan kelas X7. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data menggunakan n-Gain dan uji perbedaan dua ratarata (uji t). Hasil penelitian menunjukkan nilai rerata n-Gain keterampilan mengelompokkan kelas kontrol dan eksperimen masing-masing 0,44 dan 0,60 dan rerata n-Gain keterampilan mengkomunikasikan kelas kontrol dan eksperimen masing-masing 0,51 dan 0,66. Berdasarkan perbedaan dua rata-rata (uji t), diketahui bahwa kelas dengan pembelajaran problem solving memiliki keterampilan mengelompokkan dan mengkomunikasikan yang lebih tinggi dibandingkan kelas pembelajaran konvensional. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran problem solving efektif dalam meningkatkan keterampilan mengelompokkan dan mengkomunikasikan siswa. Kata kunci: Pembelajaran problem solving, keterampilan mengelompokkan dan mengkomunikasikan

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
Q Science (General) > QD Chemistry
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: Farid Hambali Prihantoro, A.Md.
Date Deposited: 09 Jan 2014 05:36
Last Modified: 09 Jan 2014 05:36
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/244

Actions (login required)

View Item View Item