PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN LEARNING CONTENT DEVELOPMENT SYSTEM (LCDS) PADA MATERI POKOK DINAMIKA GERAK

PANDU GALIH PRAKOSO, 1213022053 (2016) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN LEARNING CONTENT DEVELOPMENT SYSTEM (LCDS) PADA MATERI POKOK DINAMIKA GERAK. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (17Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1195Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1196Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Modul interaktif merupakan bahan ajar yang disusun secara sistematis dan menarik yang mencakup isi materi, video ilustrasi, animasi, simulasi, dan kuis interaktif yang dapat digunakan secara mandiri untuk mencapai indikator yang telah ditentukan serta untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran, khususnya materi dinamika gerak. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengembangkan modul pembelajaran menggunakan LCDS pada materi dinamika gerak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian, yaitu research and development atau penelitian pengembangan dan desain penelitian yang digunakan memodifikasi proses pengembangan media instruksional oleh Suyanto dan Sartinem (2009 : 322), prosedur pengembangan modul interaktif ini meliputi analisis kebutuhan, identifikasi sumber daya, identifikasi spesifikasi produk, pengembangan produk, uji internal, uji eksternal, dan tahap terakhir produksi. Uji internal dilakukan oleh ahli desain media pembelajaran dan ahli isi atau materi, sedangkan uji satu lawan satu dilakukan terhadap tiga orang siswa dan uji iii lapangan dilakukan terhadap 31 siswa kelas X1 SMA Negeri 1 Gedongtataan. Berdasarkan hasil uji internal, diperoleh beberapa saran perbaikan dari penguji dan setelah dilakukan perbaikan sesuai saran-saran dari penguji, modul interaktif yang dikembangkan dinyatakan layak digunakan sebagai media pembelajaran. Hasil uji eksternal menunjukkan modul interaktif memiliki kualitas kemenarikan “Sangat Baik” dengan kategori skor 3,3, kualitas kemudahan “Baik” dengan kategori skor 3,1, kualitas kebermanfaatan “Sangat Baik” dengan kategori skor 3,3, dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran yang terlihat dari 93,54 % siswa tuntas KKM, di mana nilai KKM yaitu 75 dengan nilai rata-rata 83,7. Jadi, dapat disimpulkan bahwa dihasilkan modul interaktif dengan menggunakan LCDS yang telah teruji dan layak digunakan sebagai sumber belajar. Kata kunci: modul interaktif, Learning Content Developm

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 2843392 . Digilib
Date Deposited: 01 Nov 2016 08:30
Terakhir diubah: 01 Nov 2016 08:30
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/24448

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir