TEKNIK KOMUNIKASI NAJWA SHIHAB DALAM ACARA MATA NAJWA DI METRO TV (Deskriptif Kualitatif pada Bahasa Verbal dan Nonverbal yang Digunakan Najwa Shihab)

Devi Novita Sari, (1116031029) (2016) TEKNIK KOMUNIKASI NAJWA SHIHAB DALAM ACARA MATA NAJWA DI METRO TV (Deskriptif Kualitatif pada Bahasa Verbal dan Nonverbal yang Digunakan Najwa Shihab). UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK .

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf

Download (17Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (4Mb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1302Kb) | Preview

Abstrak

Mata Najwa merupakan acara talkshow yang tayang di stasiun televisi swasta yaitu Metro TV. Acara ini disajikan dalam bentuk wawancara. Dalam proses wawancara, teknik komunikasi pewawancara memiliki peran yang menentukan keberhasilan wawancara. Pentingnya teknik komunikasi dalam proses wawancara pada acara televisi yaitu untuk menggali informasi dan sebagai hiburan. Oleh karena itu perlu adanya teknik komunikasi yang baik selain agar tujuan wawancara tercapai juga mampu menghibur penonton. Teknik Komunikasi dalam wawancara televisi penting dilakukan untuk melihat cara berbicara dan teknik berbicara yang baik sebagai pewawancara saat melakukan wawancara terhadap narasumber. Peneliti memilih program acara TV Mata Najwa di Metro TV, karena topiknya bisa menginspirasi dan menambah wawasan. Program acara Mata Najwa memiliki rating tinggi karena berdasarkan rating, program acara Mata Najwa lebih bermutu dibandingkan dengan program acara di televisi nasional dan swasta lainnya. Tidak ada unsur mementingkan kelompok, kepentingan perusahaan, ekonomi, dan sebagainya. Peneliti memilih tiga episode yaitu Habibie & Suara Anak Negeri, Darah Muda, dan Mereka yang Perkasa. Dari ketiga episode tersebut memiliki karakter yang sama yaitu tidak terkait dengan konten politik melainkan terkait pendidikan, menambah pengetahuan, inspiratif, masalah sosial yang menyangkut kepentingan masyarakat luas dan tidak mementingkan kepentingan sekelompok orang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana teknik komunikasi dengan menyertai bahasa verbal dan nonverbal yang digunakan Najwa Shihab dalam wawancara pada acara Mata Najwa di Metro TV. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui teknik komunikasi dengan menyertai bahasa verbal dan nonverbal yang digunakan Najwa Shihab dalam wawancara pada acara Mata Najwa di Metro TV. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif yaitu untuk menjelaskan fenomena dengan sedalam-dalamnya melalui pengumpulan data sedalamdalamnya. Hasil dari penelitian ini Najwa Shihab dalam melakukan wawancara menggunakan teknik komunikasi persuasif, namun teknik komunikasi yang lain seperti instruktif, informatif, dan hubungan manusiawi juga digunakan, tetapi yang paling dominan dipakai oleh Najwa Shihab adalah teknik komunikasi persuasif. Bahasa verbal yang sering Najwa Shihab ucapkan adalah selamat malam, apa kabar, silahkan duduk, terima kasih, dan terima kasih sudah hadir di Mata Najwa. Bahasa non verbal yang dilakukan Najwa Shihab yang berulang diantaranya menopang dagu, menyondongkan badan, dan menggerakkan tangan. Bahasa nonverbal yang tidak berulang dan dilakukan oleh Najwa adalah menganggukan kepala, tersenyum, berjabat tangan, mengerutkan dahi, menggerakkan badan, menggerakan alis, meggerakkan mata, dan penampilan menarik yang tidak berlebihan. Kesimpulan penelitian ini adalah Najwa Shihab Menggunakan teknik komunikasi persuasif dalam melakukan wawancara terhadap narasumber. Ditandai dengan bahasa verbal Najwa yang membujuk, mendorong narasumber agar mau menjawab pertanyaan yang sesuai dengan keinginan atau arahan Najwa, dan mengkondisikan narasumber pada posisi tidak bisa menolak atau menghindar dari pertanyaan yang diajukan oleh Najwa Shihab. Bahasa nonverbal yang sering digunakan Najwa yaitu menopang dagu, menyondongkan badan, dan menggerakkan tangan. Kata Kunci: Teknik Komunikasi, Wawancara Televisi, Bahasa Verbal dan Bahasa Nonverbal ABSTRACT Mata Najwa is a talkshow on television stations namely Metro TV. This event is shown in the form of an interview. In an interview the interviewer communication techniques have a role to determine the success of the interview. The importance of communication techniques on television is to explore the information and as entertainment. Therefore there is a need for a good communication technique. For the purpose of the interview reached and able to entertain the audience. Communication techniques in television interview to see the technique speak good as the interviewer. The topic of Mata Najwa Show can inspire and broaden. The event Program Mata Najwa rated high because program Mata Najwa more good quality compared with other program. There is concerned with the group, economic and so on. Researchers chose three episodes is the Habibie & the voice of the Son of the land, the blood of the young, and they the mighty. From the three episodes have the same character is not related to but contains inspiring education, knowledge and social problems. The formulation of the problem in this research is how the communication technique with the language of verbal and nonverbal used Najwa Shihab in an interview on the event of the eye Najwa in Metro TV. The purpose of this research is to know the communication technique with the language of verbal and nonverbal used Najwa Shihab in an interview on the event of Mata Najwa Show in Metro TV. This research method using descriptive qualitative. The results of this research Najwa Shihab using persuasive communication techniques, but the other communication techniques such as instructive, informative, and humane relationship also used. But that is often used by Najwa Shihab is persuasive communication techniques. The language of verbal Najwa persuaded, encourage speakers to answer the questions according to the desire of Najwa, and condition an expert on the position cannot be refused or refrain from the question Najwa Shihab. The language of non-verbal performed Najwa Shihab who repeatedly is underpinned the chins, leaned the body, and move the hand. Nonverbal language is not repeatedly is nod, smiling, handshake, frown forehead, move the body, move the eyebrows, move the eyes and attractive appearance. The conclusion of this research is Najwa Shihab Using persuasive communication techniques. Marked with the language of verbal persuaded, encourage speakers to answer the questions according to the desire of Najwa, and condition an expert on the position cannot be refused or refrain from the question Najwa Shihab. Nonverbal language is often used Najwa namely sustain chins, leaned the body, and move the hand. Keywords: communication technique, television interview, verbal language and nonverbal language

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek:
> HE Transportation and Communications
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Komunikasi
Pengguna Deposit: 3922083 . Digilib
Date Deposited: 02 Nov 2016 01:59
Terakhir diubah: 02 Nov 2016 01:59
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/24454

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir