PENINGKATAN KETERAMPILAN SOSIAL MENGGUNAKAN METODE PROJECT BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI SISWA KELAS XI IPS SMAN 2 GUNUNG LABUHAN

Nur Amin, 142 3031 046 (2016) PENINGKATAN KETERAMPILAN SOSIAL MENGGUNAKAN METODE PROJECT BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI SISWA KELAS XI IPS SMAN 2 GUNUNG LABUHAN. Masters thesis, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN .

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1642Kb)
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (740Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tujuan penelitian tindakan ini adalah untuk mengetahui (1) metode pembelajaran project based learning pada pelajaran geografi dalam meningkatkan keterampilan sosial siswa (2) metode pembelajaran project based learning pada pelajaran geograafi dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS di SMAN 2 Gunung Labuhan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Gunung Labuhan kelas XI semester Ganjil Tahun Pelajaran 2015/2016. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi. Setelah dilakukan observasi maka dilihat perkembangan keterampilan sosial siswa setiap dimensi sesuai dimensi dalam penelitian ini. Hal ini dilakukan untuk mengetahui penerapan metode project based learning dalam meningkatkan keterampilan sosial siswa dan hasil belajarnya kelas XI IPS Pada mata pelajaran Geografi. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat diambil kesimpulan sebagai berikut; (1) Penggunaan metode pembelajaran project based learning dapat meningkatkan keterampilan sosial siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Gunung Labuhan. Peningkatan setiap siklusnya ini dilihat pada hasil observasi keterampilan sosial siswa pada siklus 1 keterampilan sosial siswa tampak (30% ) siklus 2 yang tampak sejumlah 45 %. dan pada siklus 3 keterampilan sosial siswa tampak 80 %. (2) Penggunaan metode membelajaran project based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa XI IPS SMA Negeri 2 Gunung Labuhan. Peningkatan setiap siklusnya dapat dilihat dari persentase hasil belajar siswa dari 40% dengan nilai rata rata 67,5 menjadi 43% dengan rata-rata nilai siswa 72 dan pada siklus ke 3 menjadi 83 % . dengan nilai rata rata 78. Kata Kunci : Metode Project Based Learning, Keterampilan Sosial. ABSTRACT The aim of this research was to find out (1) learning methods of project based learning in the subject of geography in improving the social skills of students (2) learning methods of project based learning in the subject of geography in improving students’ learning outcomes of grade XI Social Studies SMAN 2 Gunung Labuhan. This research was classroom action research that conducted in SMAN 2 Gunung Labuhan on grade XI of odd semester in 2015/2016. Data collecting technique was conducted by using observation sheets. After the data was observed then viewed the development of students' social skill in each dimension in accordance to dimension in this research, it was conducted to find out the implementation of project based learning method in improving student’s social skills and learning outcomes of grade XI Social Studies on geography subject. The results showed that (1) the use of project based learning method can improve students’ social skills of grade XI Social Studies SMAN 2 Gunung Labuhan. The improvement in every cycle can be seen on the observation results of social skills of students. In 1st cycle students’ social skill was (30.%), in cycle 2 was 45%. and in cycle 3 social skills of students was 80%. (2) The use of project based learning method can improve students’ learning outcomes XI Social Studies SMA Negeri 2 Gunung Labuhan. The improvement in each cycle can be seen from the percentage of students’ learning outcomes from 40% with the value of average 67.5 to 50% with students’ value of average 72 and in cycle 3 being 83% with the value of the average 78. Key Words: Project Based Learning Method, Social Skills

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: > G Geography (General)
> LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan IPS
Pengguna Deposit: 8086618 . Digilib
Date Deposited: 02 Nov 2016 06:30
Terakhir diubah: 02 Nov 2016 06:30
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/24458

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir