STRATEGI KOMUNIKASI PEMIMPIN DALAM PENERAPAN PRINSIP GOOD CORPORATE GOVERNANCE DI PTPN VII

Siti Jafani Ghandi, 1216031107 (2016) STRATEGI KOMUNIKASI PEMIMPIN DALAM PENERAPAN PRINSIP GOOD CORPORATE GOVERNANCE DI PTPN VII. FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf

Download (35Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1642Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1452Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian dilatar belakangi dengan kehidupan manusia yang tidak pernah terlepas dari proses komunikasi dalam kesehariannya. Melalui proses komunikasi, manusia berusaha menyampaikan pesan dan menafsirkan pesan satu sama lain. Proses komunikasi tersebut menciptakan upaya dalam mempengaruhi orang lain, untuk merasakan atau melakukan apa yang dikehendaki komunikator. Begitu pula pada suatu sistem pengendalian manajemen,yang merupakan alat untuk mengarahkan, memotivasi, memonitor atau mengamati serta mengevaluasi pelaksanaan manajemen perusahaan yang mencoba mengarahkan pada tujuan organisasi dalam perusahaan agar kinerja yang dilakukan oleh pihak manajemen perusahaan dapat berjalan lebih efisien dan lancar. Namun,tidak semua komunikasi berjalan efektif dan berhasil. Agar manusia dapat berkomunikasi dengan efektif manusia dituntut tidak hanya memahami prosesnya, tapi juga mampu menerapkan pengetahuan secara kreatif. Orang-orang yang terlibat dalam komunikasi akan memilih strategi tertentu agar orang lain yang menerima pesannya melakukan tindakan seperti yang diharapkan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menganalisis dan memfokuskan pada strategi komunikasi yang digunakan pemimpin dalam penerapan prinsip GCG. Hasil penelitian menunjukan pemimpin di PTPN VII tidak menggunakan satu atau dua strategi komunikasi secara khusus dalam menerapkan prinsip-prinsip GCG, pemimpin menggunakan semua bentuk strategi komunikasi yang ada tergantung dengan situasi dan juga kondisi yang dihadapi. Keberhasilan dari strategi komunikasi dalam penerapan prinsip-prinsip GCG ini dapat dilihat dari skor penilaian yang terus meningkat setiap tahunnya dari berbagai aspek. Kata kunci: Strategi komunikasi, pemimpin, prinsip-prinsip GCG. COMMUNICATION STRATEGY OF A LEADER APPLYING THE PRINCIPLE OF GOOD CORPORATE GOVERNANCE AT PTPN VII The background of the research is the fact that the life of humankind is never separated from communication process in their daily life. Through the process of communication, people try to convey the messages and interpret them to each other. The communication process creates an attempt to influence others, to feel or to do what is expected by the communicator. Similarly, in a management control system, communication becomes a means to guide, motivate, monitor, observe and evaluate the implementation of a company’s management in order to direct the organization's goals of the company so that the performance of management team becomes more efficient and smooth. However, not every communication forms is effective and successful. In reality, in order to be able to communicate effectively, people are required to not merely understand the process, but also to apply the knowledge in creative manners. People involved in the communication strategy will select certain strategies that the receivers would act as what the communicator expected . This research used descriptive qualitative method. A qualitative approach was used by analyzing and focusing on communication strategies used by the leader in the application of the principles of good corporate governance (GCG) . The results showed that the leader in PTPN VII did not use only one or two communication strategy specifically in applying the principles of good corporate governance, instead the leader used the whole existing forms of communication strategy depends on the situation and the conditions of the company. The successful communication strategy in the implementation of good corporate governance principles can be seen from the assessment scores which continue to increase from year to year in various aspects. Keywords: communications strategy, leadership, GCG principles

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > H Social Sciences (General)
> HE Transportation and Communications
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Komunikasi
Pengguna Deposit: 0115896 . Digilib
Date Deposited: 14 Nov 2016 06:26
Terakhir diubah: 14 Nov 2016 06:26
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/24463

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir