ADIES SILVIA MAREKAS, 1213034002 (2016) PENERAPAN METODE RESITASI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP N 7 KOTABUMI LAMPUNG UTARA TAHUN PELAJARAN 2015-2016. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (1561Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1559Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan metode resitasi untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS Terpadu peserta didik kelas VIII SMP N 7 Kotabumi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 3 siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah 32 peserta didik dari kelas VIIIE yang terdiri dari 12 peserta didik laki-laki dan 20 peserta didik perempuan. Data yang diambil berupa hasil tes akhir siklus dan hasil observasi aktivitas belajar peserta didik dengan metode resitasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siklus I, aktivitas peserta didik mencapai 28,72% dan persentase ketuntasan hasil belajar mencapai 58,06%. Pada siklus II aktivitas belajar peserta didik meningkat menjadi 79,02% dan persentase ketuntasan hasil belajar meningkat menjadi 74,19%. Pada siklus III yang sekaligus menjadi hasil dalam penelitian ini, aktivitas belajar peserta didik meningkat menjadi 96,87% dan presentasi ketuntasan hasil belajar peserta didik juga ikut meningkat menjadi 87,50%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode resitasi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar ips terpadu peserta didik kelas VIIIE SMP N 7 Kotabumi Kabupaten Lampung Utara Tahun Pelajaran 2015-2016 Kata Kunci : aktivitas belajar, hasil belajar, metode resitasi abstract This research aimed to examine the use of resitasi method to improve the learning actvities and learning outcomes at class VIII-E of SMP N 7 Kotabumi. This research use descriptive method with classroom action research which was conduced in three cycles. The subjects of this research were 32 students from class VIII-E which consist of 12 female and 20 male students. The data that taken were result of the end of the cycle and the observation of learning activities and learning interest with resitasi method. The result of this research showed that in first cycle, students learning activities reach 58,06% and whereas the results of learning outcomes completeness reached 58,06%. In the second cycle students learning activities increased into 79,02% and the learning outcomes completeness also increased to74,29%. In the third cycle which one to be the result of this research showed, students learning activities increased to 96,87% and the percentage of learning outcomes completeness also increased to 87,50%. Based on the result , it can be concluced that theaching through methode resitasi can improve the learning activities, learning interest and learning outcomes IPS class VIII-E of SMPN 7 Kotabumi academic year 2015/2016. Keywords: Learning Activities, Learning Outcomes, Methode Resitasi
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > G Geography (General) > LB Theory and practice of education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Geografi IPS |
Pengguna Deposit: | 0641316 . Digilib |
Date Deposited: | 15 Nov 2016 07:23 |
Terakhir diubah: | 15 Nov 2016 07:23 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/24482 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |