PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER PADA SISWA KELAS III SDN 1 MARGA AGUNG

TUKIJAH , 1413093055 (2016) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER PADA SISWA KELAS III SDN 1 MARGA AGUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1433Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1433Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Pembelajaran PKn di kelas III SD Negeri 1 Marga Agung belum berjalan dengan maksimal. Berdasarkan pengalaman penulis di lapangan hasil belajar siswa masih rendah dan aktivitas belajar siswa cukup. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini terdiri atas dua siklus, setiap siklus berlangsung selama 2 × pertemuan dimana terdiri dari empat tahap kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data dengan lembar observasi untuk aktivitas belajar siswa dan tes evaluasi belajar untuk hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model Numbered Head Together dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan kinerja guru, pada siklus I mencapai 68 berkategori Baik dan pada siklus II mencapai 84 berkategori Sangat Baik. Aktivitas belajar siswa pada siklus I mencapai 74,25 berkategori Baik dan pada siklus II mencapai 82,9 berkategori Baik Sekali. Hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 64 dan meningkat pada siklus II mencapai 78,5. Kata kunci: Aktivitas, Hasil Belajar, Numbered Head Together

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2360414 . Digilib
Date Deposited: 29 Nov 2016 07:04
Terakhir diubah: 29 Nov 2016 07:04
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/24486

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir