PERJUANGAN KOLONEL MAKMUN RASYID DALAM UPAYA MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA DI KAWEDANAN KALIANDA KARESIDENAN LAMPUNG TAHUN 1949

HAYATUN MAYA PURNAMA , 1213033034 (2016) PERJUANGAN KOLONEL MAKMUN RASYID DALAM UPAYA MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA DI KAWEDANAN KALIANDA KARESIDENAN LAMPUNG TAHUN 1949. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1597Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1597Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Pasca kemerdekaan di umumkan ke seluruh pelosok nusantara, babak baru bagi sejarah bangsa telah dimulai. Ketamakan Belanda yang ingin kembali menjajah Indonesia membuat negara yang baru merdeka ini harus siap siaga untuk mempertahankan diri dari serangan Belanda. Kolonel Makmun Rasyid adalah seorang pemuda yang turut serta berjuang untuk mempertahankan tanah airnya dari serangan Belanda. Peran Kolonel Makmun Rasyid dalam upaya mempertahankan kemerdekaan adalah sebagai Komandan Pasukan sektor XIX Sub Teritorial Lampung. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah proses perjuangan fisik Kolonel Makmun Rasyid dalam upaya mempertahankan kemerdekaan di Kawedanan Kalianda Karesidenan Lampung Tahun 1949. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode historis, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, studi pustaka dan dokumentasi serta teknik ananlisis data Deskriptif Kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian perjuangan fisik Kolonel Makmun Rasyid ialah dilakukan dengan cara bertempur secara langsung. Pertempuran tersebut ialah pertempuran yang dikenal dengan nama pertempuran Lima Jam di Kalianda yang terjadi pada tanggal 21 Maret 1949 dan pertempuran di Bulan Agustus pada tanggal 9 dan 10 Agustus 1949 yang berlokasi di desa Pematang. Berdasakan hasil penelitian dapat disimpukan bahwa perjuangan fisik Kolonel Makmun Rasyid dilakukan dengan cara melakukan pertempuran secara langsung dalam melawan Belanda.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > D History (General)
> LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS
Pengguna Deposit: 1261939 . Digilib
Date Deposited: 18 Nov 2016 02:52
Terakhir diubah: 18 Nov 2016 02:52
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/24492

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir