PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIF TIPE MAKE A MACTH TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS X1 PADA MATA PELAJARAN SEJARAH SMA NEGERI 1 SENDANGAGUNG TAHUN AJARAN 2015/2016

ALAN HARDIYANSYAH , 1113033002 (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIF TIPE MAKE A MACTH TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS X1 PADA MATA PELAJARAN SEJARAH SMA NEGERI 1 SENDANGAGUNG TAHUN AJARAN 2015/2016. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1436Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (855Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Untuk membuat siswa memiliki minat belajar dalam mata pelajaran dapat dengan menggunakan model pembelajaran. Model yang dapat menunjang minat belajar siswa adalah Model Pembelajaran Cooperatif tipe Make a Macth. Model ini menyajikan pembelajaran dalam sebuah permaianan untuk menarik perhatian siswa sehingga dapat menumbuhkan minat terhadap Mata Pelajaran Sejarah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) adakah pengaruh yang signifikan Model Pembelajaran Cooperatif Tipe Make A Macth Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas X1 Pada Mata Pelajaran Sejarah SMA Negeri 1 Sendangagung Tahun Ajaran 2015/2016 ? 2) seberapa besar taraf signifikan pengaruh Model Pembelajaran Cooperatif Tipe Make A Macth Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas X1 Pada Mata Pelajaran Sejarah SMA Negeri 1 Sendangagung Tahun Ajaran 2015/2016 ?. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui pengaruh yang signifikan Model Pembelajaran Cooperatif Tipe Make A Macth Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas X1 Pada Mata Pelajaran Sejarah SMA Negeri 1 Sendangagung Tahun Ajaran 2015/2016 2) untuk mengetahui besarnya taraf signifikan pengaruh Model Pembelajaran Cooperatif Tipe Make A Macth Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas X1 Pada Mata Pelajaran Sejarah SMA Negeri 1 Sendangagung Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian menggunakan metode penelitian Pre-Experimental Designs (nondesigns) dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest. Populasi 33 siswa terdiri dari 15 laki-laki dan 18 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket/kuisioner. Berdasarkan analisis data secara kuantitatif dengan menggunakan t paired dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dari model Cooperatif Learning tipe Make a Macth terhadap minat belajar siswa kelas X 1 terhadap Mata Pelajaran Sejarah Tahun Ajaran 2015/2016. Besarnya pengaruh Model Cooperatif Learning tipe Make a Macth memiliki nilai korelasi sebesar 0,57 dengan tingkat hubungan cukup.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS
Pengguna Deposit: 9063766 . Digilib
Date Deposited: 17 Nov 2016 04:21
Terakhir diubah: 17 Nov 2016 04:21
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/24493

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir