PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING PADA KELAS IV SDN MARGAKAYA KECAMATAN JATIAGUNG KABUPATEN LAMPUNG SELATAN

SITI MUTIAH , 1413093042 (2016) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING PADA KELAS IV SDN MARGAKAYA KECAMATAN JATIAGUNG KABUPATEN LAMPUNG SELATAN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (832Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (663Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar IPS pada kelas IV SDN Margakaya Kecamatan Jatiagung Kabupaten Lampung Selatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, dimana setiap siklusnya terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Analisis data menggunakan data kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Alat pengumpulan data menggunakan instrumen berupa lembar pengamatan siswa dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa pada siklus I terdapat 14 orang siswa aktif dalam pembelajaran dan 6 orang siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Persentase keaktifan siswa mencapai 70%. Pada siklus II terdapat 18 orang siswa aktif dalam pembelajaran dan 2 orang siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Persentase keaktifan siswa mencapai 90%. Pada hasil belajar siswa menunjukkan siklus I terdapat 15 orang siswa tuntas belajar dan 5 orang siswa belum tuntas belajar. Persentase ketuntasan belajar siswa mencapai 75%. Pada siklus II terdapat 19 orang siswa tuntas belajar dan 1 orang siswa belum tuntas belajar. Persentase ketuntasan belajar siswa mencapai 95%. Kata kunci: aktivitas belajar, hasil belajar dan Snowball Throwing

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 4498747 . Digilib
Date Deposited: 21 Nov 2016 06:19
Terakhir diubah: 21 Nov 2016 06:19
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/24503

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir