NUR HUMAIROH , 1213034054 (2016) EFEKTIVITAS PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 TEGINENENG KABUPATEN PESAWARAN TAHUN AJARAN 2015/2016. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf Download (26Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (2129Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1478Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar geografi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Tegineneng. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang menggunakan kelompok eksperimen XI IPS 1 dan kelompok kontrol XI IPS 2. Penelitian ini menggunakan variabel bebas yaitu pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar dan variabel terikat yaitu hasil belajar geografi siswa kelas XI IPS. Teknik analisis uji hipotesis data yang digunakan adalah uji t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar geografi efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Tegineneng Kecamatan Tegineneng Kabupaten Pesawaran. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil perhitungan uji hipotesis menggunakan uji t-test dan effect size dengan nilai ketuntasan sebesar 85,72% pada kelas eksperimen sedangkan pada kelas kontrol hanya memiliki nilai ketuntasan sebesar 42,86% serta hasil uji efek dalam kriteria tinggi. Hasil tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar geografi lebih efektif diterapkan dalam pembelajaran dibandingkan dengan penggunaan metode ceramah. Perbedaan rata-rata hasil belajar antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol terlihat pada indikator yang telah dicapai. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar lebih efektif diterapkan untuk meningkatkan hasil belajar geografi siswa. Kata kunci: Pemanfaatan Lingkungan sebagai Sumber Belajar, Hasil Belajar Geografi. ABSTRACT The aims of this research are to know the effectiveness of using the school environment as learning resource toward students’ geography outcome for the eleventh grade at SMA Negeri 2 Tegineneng. The method of the research uses the experimental research which uses XI IPS 1 as experimental class and XI IPS 2 as control class. This research use independent variable that is using the school environment as learning resource and dependent variable is students’ geography outcome at class of XI IPS. Technique for analyzing data for hypothesis testing is using t-test. The result of this research show that using the environment as learning resourceof geography is effective in improving students’ outcome at class of XI IPS SMA Negeri 2 Tegineneng, Tegineneng, Pesawaran. It is evidenced by the calculations result of hypothesis testing use t-test and effect size is 85, 72% in experimental class and control class is 42, 86% and the result of effect test is higher criteria. This result show that learning uses the environment as resource of geography outcome is more effective to apply in learning process than discourse technique. The differences of the average of experimental class and control class can be seen in indicator that has been achieved. The result of the study show that using the environment as learning resource is more effective to apply in improving students’ geography outcome. Keyword: Using The Environment as Learning Resource, Geography Outcome
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > G Geography (General) > LB Theory and practice of education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Geografi IPS |
Pengguna Deposit: | 7218572 . Digilib |
Date Deposited: | 25 Nov 2016 08:28 |
Terakhir diubah: | 25 Nov 2016 08:28 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/24531 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |