PENGEMBANGAN LKPD DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN DISPOSISI KOMUNIKASI

SELVI LOVIANA , (1423021055) (2016) PENGEMBANGAN LKPD DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN DISPOSISI KOMUNIKASI. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf

Download (11Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (12Mb)
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (12Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian pengembangan (Research & Development) bertujuan mengembangkan LKPD dengan menggunakan model Problem Based Learning untuk memfasilitasi kemampuan komunikasi dan disposisi komunikasi. Subjek penelitian ini yaitu siswa pada kelas VIII F di SMP Negeri 9 Metro sebanyak 25 siswa. Prosedur penelitian ini adalah penelitian pendahuluan, pengembangan draf LKPD, pengujian ahli, pengujian keterbacaan, pengujian kelompok terbatas, dan pengujian kelompok kecil. Hasil pengembangan LKPD menggunakan model PBL menunjukkan bahwa LKPD yang disertai permainan memberikan pengaruh pengaruh maksimal apabila memuat soal yang disajikan dalam dialog singkat disertai gambar berwarna yang menarik, menggunakan bahasa yang dapat diinterpretasikan ke dalam bentuk model matematika, grafik dan tabel, mengekspresikan ide-ide dalam penyelesaian masalah, sesuai kaidah EYD dan berhubungan dengan kehidupan sehari-hari. Kesimpulan penelitian ini adalah LKPD menggunakan model Problem Based Learning masih kurang maksimal dalam memfasilitasi kemampuan komunikasi matematika namun mampu memfasilitasi disposisi komunikasi oleh sebagian besar siswa. Kata kunci : lembar kerja peserta didik, problem based learning, komunikasi matematika, disposisi komunikasi ABSTRACT The research and development aimed to develop student worksheet by Problem Based Learning in facilitating communication skill and communication disposition. The subject of this research were students of VIII F class of SMP N 9 Metro in academic year of 2015/2016 as many as 25 students. The procedure of this research were preliminary research, developing draft, of student worksheet, expert testing, reability testing, limited group testing, and small group testing. The result of the developing of student worksheet by Problem Based Learning model showes that the student worksheets accompanied the game give the maximal effect if contain of problems with short dialog and color picture, use language which able to interpreted in mathematics model, graph, and tables, express the ideas in solving the problems suitable with EYD, and reated to real life. The conclusion of this research was student worksheet by Problem Based Learning still have not maximal yet to facilitate communication skill but able to facilitate students communication disposition Keywords : student worksheets, problem based learning, communication skill, communication disposition

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: > LB Theory and practice of education
> QA Mathematics
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Keguruan IPA
Pengguna Deposit: 4867655 . Digilib
Date Deposited: 01 Dec 2016 04:43
Terakhir diubah: 01 Dec 2016 04:43
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/24548

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir