SETIA NINGSIH , 1213024064 (2016) IDENTIFIKASI GAYA BELAJAR SISWA KELAS X MIA TERHADAP MATA PELAJARAN BIOLOGI SMA YP UNILA BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2015/2016. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (1320Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1321Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Gaya belajar merupakan cara yang biasa digunakan seseorang dalam menyerap dan mengolah informasi dari lingkunganya. Berdasarkan preferensi sensori gaya belajar siswa terdiri dari gaya belajar visual, auditorial dan kinestetik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya belajar siswa kelas X dan mendeskripsikan distribusi frekuensi gaya belajar siswa kelas X MIA terhadap pembelajaran biologi di SMA YP Unila tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini dilakukan pada bulan April 2016. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 256 siswa yang kemudian dilakukan pemilihan sampel dengan teknik random sampling. Sampel diambil sebanyak 10 % dari jumlah siswa masingmasing kelas yang terdiri dari 7 kelas, sehingga diperoleh sampel penelitian sebanyak 35 siswa. Instrumen penelitian berupa lembar angket siswa, daftar wawancara dan lembar observasi. Adapun analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif. Hasil analisis menunjukkan bahwa setiap siswa kelas X MIA terhadap mata pelajaran biologi memiliki kecenderungan pada tipe gaya belajar auditorial. Hasil angket menunjukkan bahwa siswa memiliki gaya belajar dominan auditorial dengan frekuensi 14 siswa. Hasil wawancara menunjukkan bahwa siswa memiliki gaya belajar dominan auditorial dengan frekuensi 18 siswa, kemudian dari observasi menunjukkan bahwa siswa memiliki gaya belajar dominan visual dengan frekuensi 19. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa gaya belajar siswa kelas X MIA terhadap mata pelajaran biologi di SMA YP Unila tahun ajaran 2015/2016 didominasi oleh tipe gaya belajar auditorial. Ditinjau dari perolehan nilai ujian biologi, siswa yang memperoleh nilai tinggi mayoritas memiliki gaya belajar auditorial sedangkan siswa dengan perolehan nilai ujian rendah mayoritas gaya belajar kinestetik. Kata kunci: auditorial, gaya belajar, kinestetik, visual
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > QH Natural history > QH301 Biology |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | 1431609 . Digilib |
Date Deposited: | 30 Nov 2016 04:46 |
Terakhir diubah: | 30 Nov 2016 04:46 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/24565 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |