PENINGKATAN KETERAMPILAN SOSIAL MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS IX SMPN 1 REBANG TANGKAS KABUPATEN WAY KANAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016

FUAD MUSTOFA , 1423031025 (2016) PENINGKATAN KETERAMPILAN SOSIAL MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS IX SMPN 1 REBANG TANGKAS KABUPATEN WAY KANAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf

Download (41Kb) | Preview
[img] Text
TESIS FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2113Kb)
[img]
Preview
Text
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2115Kb) | Preview

Abstrak

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan sosial siswa. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatkan keterampilan sosial melalui model pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament (TGT). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) . Tempat penelitian ini dilaksanakan di SMPN 1 Rebang Tangkas Kabupaten Way Kanan, kelas IXa untuk mata pelajaran IPS semester genap tahun pelajaran 2015/2016. Pengumpulan data menggunakan instrumen lembar observasi. Setelah dilakukan observasi maka dilihat perkembangan keterampilan sosial siswa. hal ini dilakukan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament dalam meningkatkan keterampilann sosial siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament dapat meningkatkan proses pembelajaran dan keterampilan sosial siswa. Selain itu, model pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament dapat meningkatkan keterampilan sosial siswa, yaitu dari rerata pada siklus I sebesar 47,12% meningkat menjadi 62,81% pada siklus II dan siklus III meningkat menjadi 81,53%. Mengacu pada indikator keberhasilan penelitian yang diharapkan, yaitu adanya peningkatan keterampilan sosial siswa yang dilaksanakan dari setiap siklus ke siklus berikutnya. Kata kunci: model pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament , keterampilan sosial. abstract The problem in this research is the lack of social skills of students. The purpose of this study is to describe the improvement of social skills through cooperative learning model Teams Games Tournament (TGT). This type of research is classroom action research (PTK). Where the research was conducted at SMPN 1 Rebang Agile Way Kanan Regency, class IXa for social studies, second semester of academic year 2015/2016. Collecting data using observation sheet instruments. After observation, the seen the development of social skills of students. this is done to determine the application of learning models Teams Games Tournament in improving students' social keterampilann. The results showed that the cooperative learning model Teams Games Tournament (TGT) may improve learning and social skills of students. In addition, the cooperative learning model Teams Games Tournament can improve students' social skills, that of the average in the first cycle of 47.12% increase to 62.81% in the second cycle and the third cycle increased to 81.53%. Referring to research the expected success indicators, namely the improvement of social skills of students who performed in every cycle to the next cycle. Keywords: cooperative learning model Teams Games Tournament , social skills

Tipe Karya Ilmiah: Tesis (Masters)
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan IPS
Depositing User: 0950623 . Digilib
Date Deposited: 08 Dec 2016 08:36
Last Modified: 08 Dec 2016 08:36
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/24612

Actions (login required)

View Item View Item