DWI SEFTIANI , 1213041025 (2016) PEMBELAJARAN MENYUSUN TEKS DISKUSI SISWA KELAS VIII MTs NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (15Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (1705Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1706Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran menyusun teks diskusi kelas VIII MTs Negeri 2 Bandar Lampung tahun pelajaran 2015/2016. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan (1) perencanaan pembelajaran, (2) pelaksanaan pembelajaran, dan (3) penilaian pembelajaran menyusun teks diskusi. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah pembelajaran menyusun teks diskusi siswa kelas kelas VIII MTs Negeri 2 Bandar Lampung dan difokuskan pada perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian pembelajaran. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. iii Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah melakukan tiga tahapan pembelajaran berdasarkan tujuan penelitian, yakni (1) perencanaan pembelajaran, (2) pelaksanaan pembelajaran, dan (3) penilaian pembelajaran. Perencanaan pembelajaran menyusun teks diskusi tertuang dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang disusun oleh guru bidang studi Bahasa Indonesia dan telah mengikuti format RPP Kurikulum 2013. Pelaksanaan pembelajaran menyusun teks diskusi dilakukan selama dua pertemuan. Aktivitas guru meliputi tiga tahap kegiatan yaitu, (1) kegiatan pendahuluan, guru telah melaksanakan semua indikator pada kegiatan pendahuluan (2) guru melakukan kegiatan inti pembelajaran menyusun teks diskusi dengan menggunakan pendekatan ilmiah, melalui teks diskusi yang dicontohkan oleh guru, siswa dapat mengetahui struktur yang ada dalam indikator teks diskusi yaitu isu atau masalah, argumentmendukung, argumen menentang, dan simpulan, (3) kegiatan penutup, guru melakukan refleksi. Penilaian yang dilakukan oleh guru mencakup penilaian kompetensi sikap, penilaian kompetensi pengetahuan, dan penilaian kompetensi keterampilan dengan teknik tes praktik berupa menyusun teks diskusi. Kata kunci: menyusun, pembelajaran, dan teks diskusi.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah |
Pengguna Deposit: | 0523727 . Digilib |
Date Deposited: | 09 Dec 2016 06:49 |
Terakhir diubah: | 09 Dec 2016 06:49 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/24619 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |