PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW SISWA KELAS V SD NEGERI 1 TANJUNGSARI KECAMATAN NATAR KABUPATEN LAMPUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017

INDRIYATININGSIH , 1313093056 (2016) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW SISWA KELAS V SD NEGERI 1 TANJUNGSARI KECAMATAN NATAR KABUPATEN LAMPUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (898Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (899Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN 1 Tanjungsari, yang diketahui dari hasil observasi dari 22 orang siswa, hanya 8 orang (36,36%) mendapatkan nilai di atas KKM 65. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn siswa kelas V SDN 1 Tanjungsari melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Desain penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklusnya terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan tes dan nontes, kemudian dianalisis menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa meningkat pada setiap siklusnya. Siklus I nilai rata-rata aktivitas siswa 64,8 dengan ketuntasan klasikal hanya 54,5% dan berada pada kategori kurang. Siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 71,2, dan ketuntasan klasikal menjadi 77,3% dengan kategori tuntas. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan disetiap siklus. Hasil belajar afektif siklus I diperoleh nilai rata-rata 63,2 dengan persentase ketuntasan 54,5%. Siklus II menjadi 71,8 dengan persentase ketuntasan 86,4%. Hasil belajar psikomotorik siklus I diperoleh nilai rata-rata 64,2 dengan persentase ketuntasan 59,09%. Siklus II menjadi 72,0 dengan persentase ketuntasan 81,80%. Hasil belajar kognitif siklus I diperoleh nilai rata-rata 62,66 dengan persentase ketuntasan 45,45%. Siklus II menjadi 76,2 dengan persentase ketuntasan 81,80%. Dari hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw aktivitas dan hasil belajar PKn siswa kelas V SDN 1 Tanjungsari Kabupaten Lampung Selatan tahun pelajaran 2015/2016 dapat meningkat. Kata kunci: aktivitas belajar, hasil belajar, pembelajaran jigsaw.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2399593 . Digilib
Date Deposited: 09 Dec 2016 08:31
Terakhir diubah: 09 Dec 2016 08:31
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/24627

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir