PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII DI SMP WIYATAMA BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2015/2016

RIKA RAHMAWATI , 1113033051 (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII DI SMP WIYATAMA BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2015/2016. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1792Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1076Kb) | Preview

Abstrak

Penerapan strategi pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas dan keaktifan siswa didalam proses pembelajaran menciptakan suasana yang menyenangkan serta memberikan pengalaman belajar yang relevan dalam kehidupan nyata, salah satu strategi pembelajaran yang dapat diterapkan adalah model pembelajaran Example Non Example, yaitu proses pembelajaran didalam kelas, dimana siswa diberikan contoh-contoh gambar yang menarik dan berhubungan dengan materi, kemudian siswa untuk mendiskusikan secara berkelompok. Penerapan model pembelajaran Example Non Example ini dirancang agar siswa memiliki kompetensi dalam menganalisis gambar serta memberikan diskripsi mengenai apa yang ada didalam gambar dan diharapkan dapat membantu siswa untuk lebih mudah memahami materi pelajaran IPS sehingga hasil belajar kognitif siswa lebih baik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh model pembelajaran Example Non Example terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII di SMP Wiyatama Bandar Lampung Tahun Ajaran 2015/2016. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran Example Non Example terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran IPS di SMP Wiyatama Bandar Lampung Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian Posttest-Only Control Group Design. Setelah dilakukan uji hipotesis dengan rumus uji T, diperoleh nilai dari hasil perhitungan yaitu nilai thitung = 4,717 > ttabel = (0,05)(60) = 2,00 dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Example Non Example terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Kelas VII di SMP Wiyatama Bandar Lampung tahun ajaran 2015/2016. Kata Kunci : Example Non Example, Hasil Belajar, IPS.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS
Depositing User: 2190161 . Digilib
Date Deposited: 15 Dec 2016 03:38
Last Modified: 15 Dec 2016 03:38
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/24652

Actions (login required)

View Item View Item