TRANSFORMASI ORGANISASI PENYELENGGARA LAYANAN JAMINAN KESEHATAN (Studi Tentang Transformasi PT. ASKES (Persero) Menjadi BPJS Kesehatan)

BAYU KURNIAWAN, 1216041025 (2016) TRANSFORMASI ORGANISASI PENYELENGGARA LAYANAN JAMINAN KESEHATAN (Studi Tentang Transformasi PT. ASKES (Persero) Menjadi BPJS Kesehatan). UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK .

[img]
Preview
File PDF
ABSTRACT (ABSTRAK).pdf

Download (9Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2521Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2522Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Jaminan kesehatan merupakan suatu kebutuhan yang harus dimiliki oleh masyarakat sebagai warga negara. Pemerintah harus menyediakan jaminan kesehatan kepada seluruh masyarakat tanpa terkecuali. Untuk menyediakannya, maka pemerintah membentuk sebuah badan publik penyelenggara jaminan kesehatan yang saat ini bernama BPJS Kesehatan. Sebelum BPJS Kesehatan diresmikan, peran badan publik tersebut disandang oleh PT. Askes (Persero). PT. Askes (Persero) telah menunjukan kualitasnya sebagai badan pemberi layanan jaminan kesehatan. Namun setelah adanya perubahan zaman dan tuntutan faktor lain, maka kemudian Pemerintah memutuskan untuk mentransformasi PT. Askes (Persero) menjadi BPJS Kesehatan berdasarkan Undang-Undang SJSN dan Undang-Undang BPJS. Transformasi tersebut menyebabkan perubahan pada sistem jaminan kesehatan di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui alasan atau faktor yang mendorong terlaksananya trasnformasi, tahapan transformasi yang dilewati oleh PT. Askes (Persero) untuk menjadi BPJS Kesehatan, dan perubahan apa saja yang terjadi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif, teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu studi pustaka. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat dua faktor yang melandasi terlaksananya transformasi PT. Askes (Persero) menjadi BPJS Kesehatan, yakni faktor domestik dan internasional. Faktor domestik merupakan keluhan dari masyarakat dan faktor internasional merupakan intervensi dari pihak asing. Kemudian transformasi ini melewati tiga tahapan yaitu unfreezing, movement, dan refreezing. Didalam masing-masing tahapan tersebut terdapat beberapa langkah perubahan yang dilaksanakan sebagai upaya pencapaian masing-masing tahap. transformasi yang terjadi pada PT. Askes (Persero) ini menyebabkan terjadinya banyak perubahan, diantaranya: perubahan tujuan, budaya, teknologi, struktur organisasi, dan volume kegiatan. Kata Kunci: Jaminan Kesehatan, Transformasi, Badan Publik. abstract Health insurance is a necessity that must be owned by the community as citizens. The government should provide health insurance to all people without exception. To provide it, the government established a public entity insurance carrier, now named BPJS Kesehatan. Before BPJS Kesehatan inaugurated, the role of public agency are carried by PT. Askes (Persero). PT. Askes (Persero) has shown his quality as a health insurance agency service providers. However, after the demands of the changing times and other factors, then government decided to transform PT. Askes (Persero) to BPJS Kesehatan by the Regulation of SJSN and the regulation of BPJS. The transformation causes changes in the health insurance system in Indonesia. This study aims to determine the reasons or factors that encourage the implementation of the transformation, stages of transformation that is passed by PT. Askes (Persero) to be BPJS Kesehatan, and change what happened. The research is a qualitative study using a descriptive approach, data collection techniques used are literature. The conclusion from this study is there are two factors that underlie the implementation of the transformation of PT. Askes (Persero) to BPJS Kesehatan, the factors are domestic and international factors. Domestic factors is complaints from the public, and the international factor is the intervention of foreign parties. This transformation then passes through three stages namely unfreezing, movement, and refreezing. In each of these stages there are some changes implemented steps of achieving the respective stages. transformations that occur in the PT. Askes (Persero) caused a lot of changes, including: changes in goals, culture, technology, organizational structure, and the volume of activity. Keywords : Health Insurance, Transformation, Public Agency

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek:
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Administrasi Negara
Pengguna Deposit: 4426306 . Digilib
Date Deposited: 20 Dec 2016 04:19
Terakhir diubah: 20 Dec 2016 04:19
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/24685

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir