KELIMPAHAN NEMATODA PARASIT TUMBUHAN DAN TINGKAT KERUSAKAN AKAR PADA TANAMAN TEBU PERIODE PLANT CANE DAN RATOON-I YANG DIBERI PERLAKUKAN SISTEM OLAH TANAH KONSERVASI SELAMA 5 TAHUN

EKO SAPUTRO, 1114121079 (2016) KELIMPAHAN NEMATODA PARASIT TUMBUHAN DAN TINGKAT KERUSAKAN AKAR PADA TANAMAN TEBU PERIODE PLANT CANE DAN RATOON-I YANG DIBERI PERLAKUKAN SISTEM OLAH TANAH KONSERVASI SELAMA 5 TAHUN. FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1531Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1471Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari pengaruh penerapan sistem olah tanah dan pemulsaan pada tanaman tebu periode plant cane dan ratoon-I yang telah berlangsung 5 tahun terhadap kelimpahan nematoda parasit tumbuhan dan tingkat kerusakan akar. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei 2015 hingga Februari 2016 menggunakan rancangan percobaaan acak kelompok petak terbagi (split plot). Sistem olah tanah dijadikan sebagai petak utama dan pemulsaan dijadikan anak petak dengan 5 kelompok sebagai ulangan. Sampel tanah dan akar diambil pada tanaman tebu periode plant cane siklus II berumur 7 bulan dan ratoon I siklus II berumur 4 bulan. Nematoda dari tanah diekstraksi menggunakan metode penyaringan dan sentrifugasi menggunakan larutan gula, sementara nematoda dari akar menggunakan metode Baerman. Nematoda yang diperoleh diidentifikasi sampai tingkat genus berdasarkan ciri morfologinya. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada 27 genus nematoda parasit tumbuhan baik dari akar maupun tanah yang berasosiasi dengan tanaman tebu di PT. Gunung Madu Plantations (GMP). Sistem pengolahan tanah tidak mempengaruhi kelimpahan genus nematoda parasit tumbuhan kecuali terhadap genus Aphelenchoides, Helicotylenchus, Hoplolaimus, Hemicycliophora, Pratylenchus dan Tylenchus yang kelimpahannya lebih rendah pada lahan tanpa olah tanah, serta genus Criconemella dan Hemicriconemoides yang kelimpahannya lebih tinggi pada lahan tanpa olah tanah. Sistem pemulsaan tidak mempengaruhi kelimpahan genus nematoda parasit tumbuhan kecuali terhadap genus Xiphinema yang kelimpahannya lebih tinggi pada lahan dengan pemulsaan. Kombinasi pemulsaan dengan sistem olah tanah tidak mempengaruhi kelimpahan genus nematoda parasit tumbuhan kecuali terhadap genus Criconemoides yang kelimpahannya lebih tinggi pada lahan tanpa olah tanah yang tidak diberi mulsa. Baik pada periode plant cane maupun ratoon-I perlakuan olah tanah, pemulsaan dan interaksinya tidak mempengaruhi tingkat kerusakan akar akibat serangan nematoda parasit tumbuhan. Kata kunci: nematoda parasit tumbuhan, pemulsaan, pertanaman tebu, tanpa olah tanah.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > Pertanian ( Umum )
> Budidaya tanaman
Program Studi: Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Prodi Agroteknologi
Pengguna Deposit: 8417716 . Digilib
Date Deposited: 21 Dec 2016 06:40
Terakhir diubah: 21 Dec 2016 06:40
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/24732

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir