NILAI-NILAI DIDAKTIS NOVEL SANG PENCERAH KARYA AKMAL NASERY BASRAL DAN PEMBELAJARANNYA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA)

NINA APRIAWATI , 0743041031 (2016) NILAI-NILAI DIDAKTIS NOVEL SANG PENCERAH KARYA AKMAL NASERY BASRAL DAN PEMBELAJARANNYA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (991Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (990Kb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah nilai-nilai didaktis novel Sang Pencerah karya Akmal Nasery Basral dan Pembelajarannya di Sekolah Menengah Atas (SMA). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai didaktis yang terdapat dalam novel Sang Pencerah karya Akmal Nasery Basral dan Pembelajarannya di Sekolah Menengah Atas (SMA). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yaitu metode yang dimaksudkan untuk membuat deskripsi, gambaran atau lukisan secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat, serta hubungan antara fenomena yang diselidiki. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Sang Pencerah karya Akmal Nasery Basral cetakan ke IV terbitan tahun 2010 oleh PT. Mizan Publika. Hasil penelitian menggambarkan bahwa dalam novel Sang Pencerah karya Akmal Nasery Basral mengandung nilai-nilai didaktis yaitu, nilai intelektual, nilai keterampilan, nilai harga diri, nilai sosial, nilai moral, nilai keindahan, nilai ketuhanan, nilai pengendalian diri, nilai tingkah laku, dan nilai cita-cita. Pembelajaran terhadap hasil penelitian, berupa RPP sebagai bahan pembelajaran untuk siswa SMA kelas XII semester genap dengan kompetensi dasar (KD) 4.9 merancang novel atau novelet dengan memerhatikan isi dan kebahasaan. Kata kunci : nilai didaktis, novel, pembelajaran

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LA History of education
> LB Theory and practice of education
> P Philology. Linguistics
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: 7089205 . Digilib
Date Deposited: 22 Dec 2016 07:42
Terakhir diubah: 22 Dec 2016 07:42
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/24790

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir