PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII MTs. NEGERI 1 TULANG BAWANG TAHUN AJARAN 2015/2016

YUPINDA PRIMA PUTRI , 1213033083 (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII MTs. NEGERI 1 TULANG BAWANG TAHUN AJARAN 2015/2016. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (27Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1453Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2084Kb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Motivasi belajar memiliki peran yang penting untuk tercapainya suatu tujuan dalam proses pembelajaran, sebab seseorang yang tidak mempunyai motivasi dalam belajar tidak akan mungkin melakukan aktivitas belajar, dalam hal ini yang dimaksud adalah motivasi siswa dalam mempelajari mata pelajaran IPS. Agar siswa termotivasi dalam belajar IPS maka perlu diterapkannya model-model pembelajaran yang tepat, menarik, dan bervariasi serta membuat siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang mampu melibatkan peran siswa secara aktif adalah model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT). Penelitian ini dilaksanakan di MTs. Negeri 1 Tulang Bawang pada Semester Genap Tahun Ajaran 2015/2016 dengan mengangkat rumusan masalah “Apakah ada pengaruh positif yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap motivasi belajar IPS siswa kelas VIII MTs. Negeri 1 Tulang Bawang Tahun Ajaran 2015/2016 ?”; dan tujuan “Untuk mengetahui adanya pengaruh positif yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap motivasi belajar IPS siswa kelas VIII MTs. Negeri 1 Tulang Bawang Tahun Ajaran 2015/2016”. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen dengan desain Posttest-Only Control Group Design; dengan teknik analisis data kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan dengan menggunakan rumus uji koefesien korelasi theta dan kai kuadrat diperoleh hasil yaitu theta (θ) 0,4577 dan χ2 15,28. Hal ini berarti bahwa ada pengaruh positif yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap motivasi belajar IPS siswa kelas VIII MTs. Negeri 1 Tulang Bawang Tahun Ajaran 2015/2016.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek:
> HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS
Pengguna Deposit: 3147394 . Digilib
Date Deposited: 22 Dec 2016 08:23
Terakhir diubah: 22 Dec 2016 08:23
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/24801

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir