Restilawati Woe Titi Cahyani, 1423021050 (2016) PENGEMBANGAN MATHEMATICAL COMIC DENGAN METODE PQ4R UNTUK MENGEMBANGKAN KOMUNIKASI MATEMATIKA DAN DISPOSISI MATEMATIKA KELAS VIII. Masters thesis, FAKULTAS KEGURUAN dan ILMU PENDIDIKAN .
|
File PDF
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf Download (80Kb) | Preview |
|
File PDF
TESIS FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (2571Kb) |
||
|
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (2572Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan mathematical comic dengan metode PQ4R untuk mengembangkan komunikasi matematika dan disposisi matematika. Penelitian ini dilakukan dengan dua tahap yaitu tahap pendahuluan dan tahap pembuatan produk melalui uji formatif. Uji formatif meliputi uji oleh diri sendiri, uji ahli, uji satu-satu, uji kelas kecil dan uji terbatas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII.A MTs Darun Nasyi’in tahun pelajaran 2015/1016 yang memiliki level berpikir siswa menengah ke bawah. Data penelitian diperoleh melalui post test, lembar observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan mathematical comic dengan metode PQ4R efektif jika bahasa yang digunakan jelas, dibuat keterangan penjelas pada langkah-langkah penyelesaian contoh supaya mudah dipahami, latihan yang diberikan tidak terlalu banyak dan sebaiknya soal cerita. Sebagian besar siswa menyukai mathematical comic dan mathematical comic dapat mengembangkan komunikasi matematika dan disposisi matematika. Kata Kunci: PQ4R, Komunikasi Matematika, Disposisi Matematika. abstract This development research aimed to develop mathematical comic with PQ4R method for improving mathematical communication and mathematical disposition. The research was conducted in two phases preliminary and stage of manufacture of the product through the formative test. The test formative include tests by themselves, expert reviews, one-to-one, small group, and field test. The subject of the research is student class VIII.A MTs Darun Nasyi’in in 2015/2016 that on level of student’s lower middle thought. The data of research obtained through the post test, interview and observation sheet. The results showed that the development of mathematical comic with PQ4R methode effective if the language used is clear, made an explanatory statement on steps resolve the example so that is easy to understand, given exercise is not too much and should be story problem. More students like mathematical comic and mathematical comic can develop mathematical communication and mathematical disposition. Keywords: PQ4R, Mathematical Communication, Mathematical Disposition.
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Masters) |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan > QA Mathematics |
Program Studi: | FKIP > Prodi Magister Keguruan IPA |
Pengguna Deposit: | 5062732 . Digilib |
Date Deposited: | 22 Dec 2016 08:35 |
Terakhir diubah: | 22 Dec 2016 08:35 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/24811 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |