ABSTRAK SKRIPSI MAHASISWA STKIP PGRI BANDAR LAMPUNG PERIODE 2014 DAN IMPLIKASINYA PADA PENGAJARAN MATA KULIAH UMUM BAHASA INDONESIA

SHINTA PUSPITA SARI, 1213041080 (2016) ABSTRAK SKRIPSI MAHASISWA STKIP PGRI BANDAR LAMPUNG PERIODE 2014 DAN IMPLIKASINYA PADA PENGAJARAN MATA KULIAH UMUM BAHASA INDONESIA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (83Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2705Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2705Kb) | Preview

Abstrak

Masalah penelitian ini adalah bagaimana struktur abstrak skripsi Mahasiswa STKIP PGRI Bandar Lampung Periode 2014 serta implikasinya pada pengajaran mata kuliah umum bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan struktur abstrak skripsi serta implikasinya pada pengajaran mata kuliah umum bahasa Indonesia di perguruan tinggi. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data penelitian berupa abstrak dalam skripsi Mahasiswa STKIP PGRI Bandar Lampung Periode 2014. Adapun abstrak yang dijadikan data diambil dari lima jurusan/program studi yang berjumlah 55 data yakni, 11 abstrak Program Studi Bimbingan dan Konseling, 11 abstrak Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 11 abstrak Pendidikan Matematika, 11 abstrak Pendidikan Sejarah, dan 11 abstrak Pendidikan Ekonomi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi, yaitu menggunakan abstrak dalam skripsi mahasiswa STKIP PGRI Bandar Lampung Periode 2014 sebagai bahan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya kesesuaian dan ketidaksesuaian struktur abstrak skripsi mahasiswa STKIP PGRI Bandar Lampung Periode 2014. Adapun kesesuaian yang ditemukan pada data meliputi (a) huruf kapital, sentral, dan simetris pada kata abstrak, (b) huruf kapital pada judul skripsi dan unsur-unsur judul (masalah, variabel, dan objek penelitian), (c) metode dan hasil penelitian pada isi abstrak. Ketidaksesuaian yang ditemukan pada data meliputi (a) huruf tebal dan jarak dari margin pada kata abstrak, (b) huruf tebal, lokasi penelitian, dan jarak spasi dari kata abstrak pada judul skripsi, (c) huruf tebal, huruf kapital, penggunaan tanda titik dua, jarak spasi dari judul pada kata oleh, (d) jumlah kata, jumlah paragraf, jarak spasi abstrak, jarak antarparagraf, latar belakang, masalah, tujuan, subjek, teknik pengumpulan data, dan simpulan penelitian pada isi abstrak. Implikasi terhadap hasil penelitian berupa materi tambahan untuk mata kuliah penulisan karya ilmiah di perguruan tinggi. Kata kunci: abstrak, skripsi, struktur.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
L Education > LA History of education
N Fine Arts > NX Arts in general
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: 3749116 . Digilib
Date Deposited: 23 Dec 2016 04:14
Last Modified: 23 Dec 2016 04:14
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/24813

Actions (login required)

View Item View Item