PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMPN 1 Seputih Agung Tahun Pelajaran 2015/2016)

Deni Efendi, 1423021010 (2016) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMPN 1 Seputih Agung Tahun Pelajaran 2015/2016). Masters thesis, FAKULTAS KEGURUAN dan ILMU PENDIDIKAN.

[img]
Preview
Text
ABSTRACT (ABSTRAK).pdf

Download (144Kb) | Preview
[img] Text
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (3136Kb)
[img]
Preview
Text
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3137Kb) | Preview

Abstrak

Keterampilan berfikir kritis sangat penting untuk kehidupan, tetapi keterampilan tersebut tidak dapat terbentuk dengan sendirinya tanpa adanya upaya dan fasilitas yang mendukung. Oleh karena itu diperlukan suatu bahan ajar yang dapat mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa, salah satunya adalah bahan ajar yang diintegrasikan dengan Model Discovery Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar matematika dengan model Discovery Learning pada pokok bahasan SPLDV yang valid dan efektif ditinjau dari peningkatan keterampilan berpikir kritis dan persentase siswa yang mempunyai keterampilan berpikir kritis. Jenis penelitian ini adalah Research and Development dengan prosedur Borg and Gall, tetapi hanya dilakukan hingga tahap uji lapangan terbatas (main field test). Subjek penelitian pada saat uji coba lapangan awal adalah peserta didik sebanyak satu kelas di SMP Negeri 1 Seputih Agung dengan karakteristik kemampuan peserta didik tingkat menengah ke atas. Data peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik diperoleh melalui hasil tes (pretes dan postes) dengan analisis data menggunakan uji N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil validasi bahan ajar matematika yang dikembangkan dengan model Discovery Learning pada pokok bahasan SPLDV memperoleh interpretasi sangat baik dan efektif. Hal tersebut dilihat dari perhitungan N-gain yang masuk dalam katergori sedang dan persentase peserta didik yang mempunyai keterampilan berpikir kritis melebihi persentase ideal (75%). Kata kunci: Bahan Ajar, Berpikir Kritis, Discovery Learning. abstract Critical thinking skill is necessarily needed in daily life. Yet, this skill cannot be mastered on its own without any supporting efforts and facilities. Thus, instructional materials are urgently required to develop students’ critical thinking skill, and one of which is those integrated with Discovery Learning Model. This research aimed to find out the validity and effectivity of Discovery Learning Model-integrated mathematics instructional materials on SPLDV topic viewed through critical thinking skill improvement and percentage of students’ critical thinking skill. It occupied Reserach and Development utilizing procedures by Borg and Gall, with only performing up to main field test. The research subject was one class of the 8th grade students of SMP Negeri 1 Seputih Agung, with moderate to high skill characteristic. Meanwhile, data of students’ critical thinking skill improvement were gained through pretest and posttest, using NGain test. Eventually, the research result pointed out that validation of mathematics instructional materials developed through Discovery Learning Model on SPLDV topic attained good and effective interpretation. It was seen through moderate-categorized calculation of N-Gain and accomplishment level of students’ critical thinking skill result exceeding ideal accomplishment percentage (75%). Keywords:Instructional Material, Critical Thinking, Discovery Learning

Tipe Karya Ilmiah: Tesis (Masters)
Subyek: > QA Mathematics
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Keguruan IPA
Depositing User: 7851188 . Digilib
Date Deposited: 22 Dec 2016 08:44
Last Modified: 22 Dec 2016 08:44
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/24816

Actions (login required)

View Item View Item