PENGARUH PEMBERIAN DOSIS PUPUK NPK DAN PUPUK PELENGKAP TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN SEDAP MALAM (Polianthes tuberosa L.)

TIARA ANGGUN PUSPITA, 1214121213 (2016) PENGARUH PEMBERIAN DOSIS PUPUK NPK DAN PUPUK PELENGKAP TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN SEDAP MALAM (Polianthes tuberosa L.). FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS LAMPUNG, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (675Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (675Kb) | Preview

Abstrak

Sedap malam merupakan salah satu tanaman hias yang banyak disukai masyarakat. Bunga ini mempunyai aroma yang harum juga khas bila dibandingkan dengan tanaman bunga yang lain. Bunga sedap malam tergolong bunga potong yang laku di pasaran setelah mawar. Bunga ini menduduki peringkat nomor tiga setelah krisan dan mawar dalam urutan banyaknya penjualan di pasar bunga di Indonesia. Untuk meningkatkan produksi bunga sedap malam yaitu dengan memperbaiki pertumbuhan dan kualitas bunga. Perbaikan kualitas bunga sedap malam dapat dilakukan dengan pemberian unsur hara yang cukup dan seimbang sehingga tanaman dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian dosis pupuk NPK dan pupuk pelengkap Plant Catalyst terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman sedap malam. Penelitian ini disusun dengan menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) yang disusun secara faktorial (4x4) dengan setiap satuan percobaan digandakan. Faktor pertama adalah dosis pupuk NPK Mutiara (16-16-16) (N) yaitu N0 (0), N1 Tiara Anggun Puspita (10g/tanaman), N2 (15g/tanaman), N3 (20g/tanaman). Faktor kedua adalah konsentrasi pupuk pelengkap Plant Catalyst (P) yaitu P0 (0), P1 (1g/l), P2 (1.5g/l), P3 (2g/l). Tanaman dikelompokkan berdasarkan bobot umbi tanaman. Homogenitas ragam diuji dengan Uji Barlett dan aditivitas data diuji dengan Uji Tukey, data dianalisis ragam dan dilanjutkan dengan Uji Beda Nyata Jujur (BNJ) pada taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian dosis pupuk NPK dan pupuk Pelengkap Plant Catalyst tidak memberikan pengaruh yang berbeda nyata pada variabel pengamatan vegetatif tanaman sedap malam. Pemberian pupuk NPK dengan dosis 20g/tanaman memberikan hasil yang terbaik pada variabel pengamatan panjang rangkaian bunga, panjang bunga keseluruhan, diameter tangkai bunga, diameter bunga, dan jumlah kuntum. Pemberian pupuk pelengkap Plant Catalyst 1.5g/l memberikan hasil yang terbaik pada variabel pengamatan panjang bunga keseluruhan, diameter tangkai bunga, diameter bunga, dan jumlah kuntum. Kata kunci: NPK, Pertumbuhan, Produksi, Pupuk Pelengkap, Sedap malam.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > Pertanian ( Umum )
> Budidaya tanaman
Program Studi: Fakultas Pertanian > Prodi Agroteknologi
Pengguna Deposit: 2906036 . Digilib
Date Deposited: 22 Dec 2016 09:09
Terakhir diubah: 22 Dec 2016 09:09
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/24824

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir