KEMAMPUAN GERAK TARI MULI SIGER OLEH SISWA SMA AL-AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG

KURNIA DAMA YANTI, 1213043020 (2016) KEMAMPUAN GERAK TARI MULI SIGER OLEH SISWA SMA AL-AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf

Download (18Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2576Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2577Kb) | Preview

Abstrak

Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya kemampuan gerak tari yang dimiliki oleh siswa SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung. Rendahnya kemampuan gerak tari ini ditunjukkan dengan adanya penilaian dengan kategori baik dari segi hafalan gerak namun kurang dalam teknik gerak pada pembelajaran tari. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan gerak tari muli siger oleh siswa di SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung. Desain penelitian ini menggunakan jenis penelitian metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah pelatih tari dan lima siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler seni tari. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan sebagai berikut, peneliti: (1) memfokuskan data-data yang dianggap penting berkaitan dengan judul penelitian maupun rumusan masalah, (2) melakukan penyajian data berupa narasi, foto, tabel, dan diagram, (3) melakukan penarikan simpulan dan meninjau ulang data. Berdasarkan analisis data yang dilakukan, hasil kemampuan dari keempat belas gerak tari muli siger oleh siswa SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung yaitu tergolong baik dengan skor rata-rata 75. Nilai kemampuan untuk setiap subindikator, yaitu (a) kemampuan pada posisi badan tergolong cukup, yakni dengan skor rata-rata 67; (b) kemampuan pada posisi tangan tergolong cukup, yakni dengan skor rata-rata 64; (c) kemampuan pada posisi kepala tergolong baik, yakni dengan skor rata-rata 84; (d) kemampuan pada posisi kaki tergolong baik, yakni dengan skor rata-rata 84. Rata-rata siswa sudah mampu memeragakan gerak tari muli siger dengan posisi badan, tangan, kepala, dan kaki sesuai dengan apa yang sudah diajarkan. Kata kunci: kemampuan, gerak tari, muli siger. abstract The problem in this research is the low dance movement ability of the students’ at SMA Al- Azhar 3 Bandar Lampung. The low dance movement ability of the students at SMA Al-Azhar 3 is showed by the assessment with good category in memorizing the movement but lack in movement technique of dance study. This research is aimed to describe the ability of muli siger dance movement by the students at SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung. The research design was using descriptive method with qualitative approach. The samples of this research were the dance trainer and five female students who join dance extracurricular activity. The data collecting technique that were used in this research were observation, interview, and documentation. The data analysis were as following, the researcher: (1) focused on the important data related to the research title or the research formula, (2) showed the data presentation in the form of narrative, picture, table, and diagram, (3) drew the conclusion and review the data. Based on the data analysis, the result of the fourteen muli siger dance movement ability by the students at SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung was good with the average score 75. The score for the ability of every sub-indicator are (a) the ability of the body position was classified as quite good, with the average score 64; (c) the ability of the head position was classified as good, with the average score 84; (d) The ability of the foot position was classified as good, with the average score 84. The average student is able to demonstrate muli siger dance with the position of the body, hands, head, and feet in accordance with what has been taught. Key words: ability, dance movement, muli siger.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
N Fine Arts > NX Arts in general
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik
Depositing User: 6396035 . Digilib
Date Deposited: 23 Dec 2016 06:16
Last Modified: 23 Dec 2016 06:16
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/24848

Actions (login required)

View Item View Item