PROFIL PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REMEDIAL PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI SMA NEGERI SE-KABUPATEN LAMPUNG TIMUR

GHEA CHANDRA SURAWAN, 0913024042 (2016) PROFIL PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REMEDIAL PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI SMA NEGERI SE-KABUPATEN LAMPUNG TIMUR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (89Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1085Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (948Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui bagaimana pengetahuan guru biologi di SMA Negeri se-Kabupaten Lampung Timur mengenai Pembelajaran Remedial yang sesuai standar dan (2) untuk mendapatkan gambaran pelaksanaan Pembelajaran Remedial pada mata pelajaran biologi di SMA Negeri se-Kabupaten Lampung Timur. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif sederhana yang menggambarkan pelaksanaan Pembelajaran Remedial guru biologi SMA Negeri se-Kabupaten Lampung Timur pada semester genap tahun ajaran 2015/2016. Subjek penelitian ini adalah 17 orang guru Biologi di 8 SMA Negeri di kabupaten Lampung Timur, yang diperoleh dengan teknik Sampling Bertingkat (Stratified) beserta 5 orang siswa yang tidak mencapai ketuntasan pada pada kegiatan pembelajaran biologi dari masing-masing guru tersebut. Data penelitian berupa data kuantitatif berupa skor pengetahuan guru yang diperoleh dengan instrumen berupa tes kemampuan, dan data kualitatif berupa gambaran pelaksanaan Pembelajaran Remedial yang diperoleh dengan instrumen berupa angket, dan wawancara. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan pengetahuan guru mata pelajaran Biologi SMA Negeri kabupaten Lampung Timur mengenai Pembelajaran Remedial dalam kriteria cukup (66,2). Sedangkan pelaksanaan Pembelajaran Remedial sudah dilaksanakan oleh 88,2% guru, namun dalam prosesnya masih ditemukan Pembelajaran Remedial dengan cara yang tidak sesuai standar yaitu hanya dengan ujian ulang yang dilaksanakan oleh 82,4% guru, dan dengan cara Belajar Mandiri yang dilaksanakan oleh 47,0% guru, ada pula pelaksanaan Pembelajaran Remedial yang dilaksanakan bukan diwaktu khusus di akhir semester atau jam belajar namun dilaksanakan pada saat jam belajar yang dilaksanakan oleh 47,0% guru. Selain itu ujian ulang Pembelajaran Remedial sudah dilaksanakan oleh 94,1% guru walaupun masih ditemukan sebanyak 41,2% guru yang menggunakan ujian ulang yang tidak sesuai yaitu dengan melaksanakan ujian ulang dengan seluruh kompetensi bukan kompetensi yang dipelajari dalam Pembelajaran Remedial. Kata kunci: Pembelajaran Remedial, Kegiatan Pembelajaran, Biologi.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 3543121 . Digilib
Date Deposited: 23 Dec 2016 08:16
Terakhir diubah: 23 Dec 2016 08:16
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/24869

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir