Puji Santi Rahayu, 1413093031 (2016) PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI AJAR BUMI DAN STRUKTUR TANAH MATA PELAJARAN IPA PADA SISWA KELAS V DI SDN 1 JATIMULYO LAMPUNG SELATAN. Universitas Lampung, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (758Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (758Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa melalui penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada siswa kelas V SDN 1 Jatimulyo tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V A SDN 1 Jatimulyo Tahun Ajaran 2015/2016 yang terdiri dari 30 orang siswa. Data penelitian tentang hasil belajar dikumpulkan dengan menggunakan metode tes dan metode observasi. Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dengan persen. Hasil pencatatan kegiatan sebelum tindakan atau pra siklus PTK adalah sebanyak 13% siswa yang tuntas. Pada siklus I, terjadi peningkatan ketuntasan belajar siswa menjadi 40%. Lalu pada siklus II meningkat lagi menjadi 93% yang berada pada kriteria tinggi. Hal ini ditunjukkan dengan siswa mulai bisa melaksanakan kegiatan belajar secara berkelompok dengan bantuan temannya sebagai tutor sebaya dan tidak lagi kesulitan dalam membuat pertanyaan, sehingga siswa kelihatan aktif bertanya pada proses pembelajaran. Siswa juga sudah mampu menyampaikan dengan baik apa yang ditemukannya dan terlihat lebih percaya diri saat tampil ke depan kelas. Selain itu, berdasarkan lembar observasi aktivitas guru, kinerja guru dapat dikategorikan sangat baik. Kata kunci: Contextual Teaching And Learning (CTL), hasil belajar, IPA
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | 2371276 . Digilib |
Date Deposited: | 27 Dec 2016 02:37 |
Terakhir diubah: | 27 Dec 2016 02:37 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/24875 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |