NILAI-NILAI PENDIDIKAN CERITA RAKYAT DALAM BUKU SASTRA LISAN LAMPUNG KARYA A. EFFENDI SANUSI DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA LAMPUNG DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

NUR AMINAH , 1423045008 (2016) NILAI-NILAI PENDIDIKAN CERITA RAKYAT DALAM BUKU SASTRA LISAN LAMPUNG KARYA A. EFFENDI SANUSI DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA LAMPUNG DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRACT (ABSTRAK).pdf

Download (36Kb) | Preview
[img] Text
TESIS FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (931Kb)
[img]
Preview
Text
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (598Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah nilai-nilai pendidikan cerita rakyat dalam buku Sastra Lisan Lampung karya A.Effendi Sanusi dan implikasinya dalam pembelajaran bahasa Lampung di SMP. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan cerita rakyat dalam buku Sastra Lisan Lampung karya A. Effendi Sanusi dan implikasinya dalam pembelajaran bahasa Lampung di SMP. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data penelitian berupa cerita rakyat dalam buku Sastra Lisan Lampung karya A. Effendi Sanusi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan teknik studi pustaka, simak, dan catat. Analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat nilai-nilai pendidikan pada cerita rakyat dalam buku Sastra Lisan Lampung karya A.Effendi Sanusi. Nilai-nilai pendidikan itu meliputi nilai pendidikan moral, relegius, sosial, dan nilai budaya. Nilai-nilai pendidikan tersebut dapat diimplikasikan dalam pembelajaran bahasa Lampung di SMP kelas VII semester ganjil pada KD 7.4.5 menanggapi dan menyajikan isi serta nilai nilai yang terkandung di dalam teks waghahan sesuai dengan kaidah- kaidahnya secara lisan dan tulisan. Kata kunci: cerita rakyat, implikasi, nilai pendidikan ABSTRACT The problems of this research is how to value the educational value of folklore in the book of oral literature Lampung A. Effendi Sanusi Effendi work and its implications in Lampung language learning in secondary schools. Aims of the research to describe the value of the educational value of folklore in the book of oral literature Lampung works A. Effendi Sanusi and its implications in language learning in secondary schools. The research method used in this research is qualitative descriptive. Research data in the form forklore in the form of oral lirature Lampung works A. Effendi Sanusi. Data collection techniques used by the techniques literature, correct reading and writing. Data analyze using data analysis techniques qualitatif. The results showed that values of education contained folklore of book oral literature Lampung A. Effendi Sanusi work covering moral education value, religius, social and value of the culture education. Value can be implied in Lampung language learning in the secondary school class VII in odd semester at KD 7.4.5 showing and present the contetnt as well as the values that are contained in the text waghahan accordance with maxims orally and in writing. Keywords: folktale, implications, values education ABSTRAK Rumusan masalah penelitian ijo iolah geh nyou nilai-nilai pendidikan cerito rakyat di lem bukeu Sastra Lisan Lampung karya A. Effendi Sanusi dan implikasino di lem pembelajaran bahasa Lampung di SMP. Penelitian ijo betujuan guwai ngedeskripsiken nilai-nillai pendidikan cerito rakyat di lem bukeu Sastra Lisan Lampung karya A. Effendi Sanusi jamo implikasino di lem pembelajaran bahasa Lampung di SMP. Metode penelitian sai digunoken di lem penelitian ijo iolah deskriptif kualitatif. Data penelitian beupo cerito rakyat di lem bukeu Sastra Lisan Lampung karya A. Effendi Sanusi. Teknik penguppulan data sai digunoken iolah teknik studi pustaka, simak jamo catat. Analisis data ngegunoken teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian nyulukken bahwo wat nilai-nilai pendidikan pada cerito rakyat di lem bukeu Sastra Lisan Lampung karya A.Effendi Sanusi. Nilai-nilai pendidikan ijo ngeliputei nilai pendidikan moral, religius, sosial jamo budayo. Nilai-nilai pendidikan ijo dapek diimplikasiken di lem pembelajaran bahaso Lappung di SMP kelas VII semester ganjil di KD 7.4.5 nanggapei jamo nyajiken isei serto nilai-nilai sai wat dilem teks waghahan jamo kaidah-kaidahno secaro lisan jamo tulisan. Kata kuncei : cerito rakyat, implikasei, nilai pendidikan

Tipe Karya Ilmiah: Tesis (Masters)
Subyek: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PA Classical philology
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan sastra Daerah
Depositing User: 5532047 . Digilib
Date Deposited: 27 Dec 2016 08:49
Last Modified: 27 Dec 2016 08:49
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/24913

Actions (login required)

View Item View Item