PENGEMBANGAN BUKU AJAR IPS PADA MATERI SEJARAH BERBASIS NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA

KARSIWAN, (1423031075) (2016) PENGEMBANGAN BUKU AJAR IPS PADA MATERI SEJARAH BERBASIS NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA. Masters thesis, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2584Kb) | Preview
[img] Text
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (4Mb)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar IPS pada materi sejarah berbasis nilai-nilai kearifan lokal untuk siswa kelas X SMK. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Desain pengembangan menggunakan model Assure meliputi analisis karakter siswa, menentukan tujuan pembelajaran, memilih dan memadukan strategi, tekonologi dan media, melibatkan partisispasi siswa, serta melakukan evaluasi dan revisi. Subjek uji coba terdiri dari 1) uji coba ahli yang terdiri dari ahli materi,ahli desain, dan ahli bahasa, 2) evaluasi satu-satu melibatkan 3 orang siswa yang memiliki kemampuan tinggi, sedang, rendah, 3) uji coba kelompok kecil melibatkan 9 siswa yang memiliki kemampuan tinggi, sedang, rendah, 4) uji coba lapangan di lakukan di kelas X.A sebagai kelas yang diberi perlakuan. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan wawancara. Analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Untuk mengetahui efektifitas produk, dilakukan dengan cara membandingkan minat belajar siswa pada kelas X.A sebelum dan setelah menggunakan bahan yang dikembangkan. Hasil penelitian mendapatkan 1) buku ajar IPS berbasis nilai-nilai kearifan lokal di Lampung, 2) buku ajar mampu meningkatkan minat belajar sejarah siswa setelah menggunakan produk pengembangan dengan perbedaan hasil sebesar 0,50 dengan kriteria sedang yang berarti bahwa produk pengembangan efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa. Kata Kunci : Kearifan Lokal, Pengembangan Buku Ajar, Minat Belajar abstract This research was to develop teaching materials on the historical material-based IPS values of local wisdom for students of class X SMK. It was a research and development (R & D). Design development ASSURE model included analysis of the student's character, define learning objectives, selecting and integrating strategy, technology weapons and media, involving participation from the students, and evaluation and revision. Subject trial consisted of 1) test experts composed of subject matter experts, expert design, and linguists, 2) evaluation of the one involving three students who have high medium, and low ability 3) small group trial involving 9 students who have the capability of high, medium, low, 4) field trials done in class as a class XA treated. Questionnaires, observation and interviews were used to collect data . Qualitative and quantitative analysis were used to analyze the data. To determine the effectiveness of product, carried out using t-test by comparing the effectiveness of student interest in X.A class before and after using the material developed. The results of research and development showed 1) IPS-based teaching material values of local wisdom, 2) teaching materials could improve students' interest in learning history after using the product development with a difference of 0.50 with the result being the criteria which means that product development effective in increasing interest student learning. Keywords: Materials, Local Wisdom, Development

Tipe Karya Ilmiah: Tesis (Masters)
Subyek: > H Social Sciences (General)
> HM Sociology
> LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan IPS
Depositing User: 9530328 . Digilib
Date Deposited: 28 Dec 2016 01:58
Last Modified: 28 Dec 2016 01:58
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/24914

Actions (login required)

View Item View Item