PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS A CHIE VEMENT DIVISION PADA SISWA KELAS IV SDN 1 PEMATANG BARU KECAMATAN PALAS KABUPATEN PESAWARAN TAHUN AJARAN 2016/2017

SUKIRMAN, 1413093046 (2016) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS A CHIE VEMENT DIVISION PADA SISWA KELAS IV SDN 1 PEMATANG BARU KECAMATAN PALAS KABUPATEN PESAWARAN TAHUN AJARAN 2016/2017. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (4Mb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (4Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas IV SDN 1 Pematang Baru Kecamatan Palas. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams . Achievement Division di kelas IV SDN 1 Pematang Baru Lampung Selatan. Subyek penelitian adalah guru, teman sejawat, dan siswa kelas IV sebanyak 18 orang yang terdidari dan 9 orang laki-laki dan 9 orang perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dengan menggunakan prosentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar dan siklus ke siklus. Rata-rata aktivitas siswa sikius I pertemuan 1 sebesar 55,56 dan pada pertemuan 2 menjadi 63,33. Sedangkan pada sikius II pertemuan 1 sebesar 74,44 dan meningkat pada pertemuan 2 menjadi 86,67. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I pertemuan 1 sebesar 60,00 dan pada pertemuan 2 menjadi 65,33. Sedangkan pada sikius II pertemuan 1 sebesar 73,06 dan meningkat pada pertemuan 2 menjadi 79,44. Ketuntasan belajar siswa pada siklus I pertemuan 1 sebesar 50,00% dan pada pertemuan 2 menjadi 66,67%. Sedangkan pada siklus II pertemuan 1 sebesar 77,78% dan meningkat pada pertemuan 2 menjadi 88,89%. Kata kunci: Aktivitas belajar, Hasil belajar, Student Teams Achievement Division iii PENINGKATAN

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 8460479 . Digilib
Date Deposited: 28 Dec 2016 01:35
Terakhir diubah: 28 Dec 2016 01:35
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/24915

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir