PERBANDINGAN MODEL VCT DAN MODEL MORAL REASONING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL DENGAN MEMPERHATIKAN KONSEP DIRI SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS

MARITANISA AGUSTINA, (1423031039) (2016) PERBANDINGAN MODEL VCT DAN MODEL MORAL REASONING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL DENGAN MEMPERHATIKAN KONSEP DIRI SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS. Masters thesis, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1535Kb) | Preview
[img] FIle PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1750Kb)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1)perbedaan keterampilan sosial antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran VCT dengan model pembelajaran Moral Reasoning, (2)keefektifan model pembelajaran VCT dan Moral Reasoning dalam mencapai keterampilan sosial pada siswa yang memiliki konsep diri yang positif, (3)keefektifan model pembelajaran VCT dan Moral Reasoning dalam mencapai keterampilan sosial pada siswa yang memiliki konsep diri yang negative, (4)interaksi antara model pembelajaran dan konsep diri terhadap keterampilan sosial pada mata pelajaran IPS. Populasi penelitian ini siswa kelas VIII SMP Dharmapala Bandar Lampung tahun pelajaran 2015/2016. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian komparatif dengan pendekatan eksperimen. Penelitian ini bersifat quasi experimental design atau bersifat eksperimen semu dengan desain factorial. Teknik pengambilan data meliputi observasi, dan angket. Pengujian hipotesis menggunakan analisis varians dua jalan dan t-test dua sampel independen. Hasil analisis disimpulkan: (1)Adanya perbedaan keterampilan social siswa yang diajar menggunakan model VCT dan siswa yang diajar menggunakan model Moral Reasoning pada pembelajaran IPS. (2)pada siswa yang memiliki konsep diri positif pada pembelajaran IPS, keterampilan social siswa yang pembelajarannya menggunakan model VCT lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan model Moral Reasoning (3)pada siswa yang memiliki konsep diri negatif pada pembelajaran IPS, keterampilan social siswa yang pembelajarannya menggunakan model VCT lebih rendah dibandingkan dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan model Moral Reasoning, (4) Ada interaksi antara penggunaan model pembelajaran dan konsep diri siswa terhadap keterampilan social siswa pada mata pelajaran IPS. Kata Kunci : Model pembelajaran VCT, Moral Reasoning, keterampilan social, serta konsep diri abstract This research is aimed at to recognize: 1) the social skills differences among the students using VCT and moral reason learning model in social subject, 2) effectiveness VCT and moral reason learning model in achieving social skills in students which has a positive self-concept, 3) effectiveness VCT and moral reason learning model in achieving social skills in students which has a negative selfconcept, 4) interaction between the learning model and the self-concept against social skills in social subject. This study population of student VIII class SMP Dharmapala Bandar Lampung 2015/2016. The method used in the research design of treated by level. The sampling technique of the research in quasi experimental design. The technique of data collecting including observation, and questionnaire. The hypothesis testing using the formula of varians analysis in two paths and ttest of two independent. The result of the analysis can be concluded; 1) there is social skills difference between students those are treated with VCT and moral reasoning learning model in social subject, 2) the student with positive selfconcept to the social subject, social skills students are learning to use the model of VCT is higher than those are treated with moral reasoning learning model, 3) the student with negative self-concept to the social subject, social skills students are learning to use the model of VCT is lower than those are treated with moral reasoning learning model, 4) there is an interaction between the using of learning model and self-concept students in social subject to social skills students. Keywords : VCT model of learning, Moral reasoning, Social skills, and Selfconcept.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek:
> H Social Sciences (General)
> LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan IPS
Pengguna Deposit: 8236299 . Digilib
Date Deposited: 28 Dec 2016 07:01
Terakhir diubah: 28 Dec 2016 07:01
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/24945

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir