PEMBELAJARAN GERAK DAN LAGU ANAK-ANAK PADA TK LUKEL SCHOOL BANDAR LAMPUNG 2016

DEWI EVITTRI, 1213043012 (2016) PEMBELAJARAN GERAK DAN LAGU ANAK-ANAK PADA TK LUKEL SCHOOL BANDAR LAMPUNG 2016. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK(ABSTRACT).pdf

Download (40Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4Mb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (4Mb) | Preview

Abstrak

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah pembelajaran seni tari melalui lagu anak-anak pada TK Lukel School Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kreativitas siswa pada pembelajaran seni tari dalam merespon lagu anak-anak di taman kanak-kanak Lukel School Bandar Lampung. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pembelajaran behaviorisme. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah 32 siswa TK Lukel School Bandar 18 siswa perempuan dan dan 14 siswa laki-laki. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data pada penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, wawancara dan nontes, adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa pengamaan kreativitas siswa, penilaian siswa merespon lagu, dan pengamatan aktivitas guru. Tahap analisis data dilakukan dengan mereduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian dari kreativitas siswa merespon lagu anak-anak di TK Lukel School Bandar Lampung menunjukan bahwa dari ketiga lagu yang digunakan yaitu lagu dunia anak, potong bebek angsa dan tek kotek anak ayam siswa mampu merespon gerakan-gerakan lokomasi, nonlokomasi dan manipulasi. Adapun gerak yang di gunakan siswa pada gerak lokomasi adalah gerak berjalan, melompat, pada gerakan nonlokomasi terdapat beberapa gerakan yaitu gerak mengayun, meliuk dan bergoyang, dan pada gerak manipulasi terdapat gerakan mengubah arah. Kata Kunci : kreativitas siswa, lagu anak-anak, pembelajaran tari abstract This study aimed to describe the creativity of students learning the art of dance in response to children's songs in kindergarten Lukel School Bandar Lampung, amounting to 18 students and 14 female and male students The problem in this research is learning the art of dance through the songs of children in kindergarten Lukel School Bandar Lampung. This study aimed to describe the creativity of students learning the art of dance in response to children's songs in kindergarten Lukel School Bandar Lampung. Learning theory used in this study is a learning theory behaviorism. This research is a qualitative descriptive study. Sources of data in this study were 32 students kindergarten Lukel School and Bandar 18 female students and 14 male students. The technique used to collect data in this study is the observation, documentation, interviews and non-test, while the instrument used in this study a pengamaan creativity of students, assessment of students responding to the song, and the observations of the teacher's activities. Phase data analysis conducted with data reduction, data presentation and verification of data. The use of media track these children to encourage learning fun. These results indicate that the students' creativity in creating a movement to respond to the children's song in learning the art of dance is pretty good, because the students were able to move the body when responding to a children's song that is currently playing. Key Word : children songs, dance leraning, student creativity

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > LB Theory and practice of education
N Fine Arts > NX Arts in general
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik
Depositing User: 5689970 . Digilib
Date Deposited: 29 Dec 2016 01:45
Last Modified: 29 Dec 2016 01:45
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/24956

Actions (login required)

View Item View Item