PROFIL KEMAMPUAN KERJASAMA SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA (Studi Deskriptif pada Siswa Kelas IV dan V Semester Genap SD Negeri 1 Rajabasa Jaya Bandar Lampung Tahun Ajaran 2015/2016)

EVI YUNITA SARI , 1213024021 (2016) PROFIL KEMAMPUAN KERJASAMA SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA (Studi Deskriptif pada Siswa Kelas IV dan V Semester Genap SD Negeri 1 Rajabasa Jaya Bandar Lampung Tahun Ajaran 2015/2016). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1628Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1513Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK Kerjasama sangatlah penting bagi kehidupan sehari-hari, oleh karena itu perlu ditanamkan sejak dini, agar terbiasa bersosialisasi dengan orang lain maupun kelompok. Pada dasarnya, pembelajaran IPA merupakan salah satu pembelajaran yang menanamkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan orang-orang sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan kerjasama dan pola kerjasama siswa dalam pembelajaran IPA kelas IV dan V SD Negeri 1 Rajabasa Jaya. Desain penelitian ini berupa deskriptif sederhana. Sampel penelitian yaitu seluruh siswa kelas IV dan V yang berjumlah 50 siswa, dan dipilih menggunakan sampling jenuh. Data penelitian ini adalah data kualitatif berupa kemampuan kerjasama dan pola kerjasama siswa yang dihasilkan dari lembar observasi siswa, kuesioner siswa dan guru, serta wawancara guru, data-data tersebut kemudian dianalisis dengan teknik deskriptif. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa secara keseluruhan kemampuan kerjasama siswa dalam pembelajaran IPA berkriteria “tinggi” dengan persentase 61%, yang dilihat dari observasi yang menunjukkan bahwa siswa mampu melakukan musyawarah, berpartisipasi dalam kelompok, menerima tanggung jawab, mengurangi ketegangan, serta berada dalam tugas. Dari lima aspek kerjasama yang ada, aspek “berada dalam tugas” merupakan aspek dengan persentase tertinggi yaitu 68%. Pola kerjasama siswa yang terbentuk terdapat dua jenis, yaitu pola kerjasama suplementer dan pola kerjasama berbeda, terdapat enam kelompok dengan pola kerjasama suplementer dan dua kelompok dengan pola kerjasama berbeda, Pola kerjasama paling dominan adalah kerjasama suplementer. Pola kerjasama dilihat pada saat siswa mengerjakan tugas dan berdiskusi dengan kelompok. Kata kunci: kemampuan kerjasama, pola kerjasama, pembelajaran IPA

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science (General) > QH Natural history > QH301 Biology
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: 6244078 . Digilib
Date Deposited: 29 Dec 2016 01:30
Last Modified: 29 Dec 2016 01:30
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/24962

Actions (login required)

View Item View Item