PROFIL KEMAMPUAN KERJASAMA SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA (Studi Deskriptif Pada Siswa Kelas IV dan V Semester Genap SD Negeri 1 Rajabasa Bandar Lampung Tahun Ajaran 2015/2016)

NURUL ROFIQOTUS SHOLIHAH, 1213024048 (2016) PROFIL KEMAMPUAN KERJASAMA SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA (Studi Deskriptif Pada Siswa Kelas IV dan V Semester Genap SD Negeri 1 Rajabasa Bandar Lampung Tahun Ajaran 2015/2016). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (73Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2924Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2074Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil kemampuan kerjasama danpolakerjasamadalam pembelajaran IPA pada siswa kelas IV dan kelas V SD Negeri 1 Rajabasa.Sampel penelitian adalah siswa kelas IVb dan Va berjumlah 54 siswa yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif sederhana. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, angket siswa, angket guru dan wawancara guru. Data kualitatif berupa pola kerjasama siswa dalam pembelajaran IPA diperoleh dari lembar observasi, data kualitatif berupa kemampuan kerjasama siswa dalam pembelajaran IPA diperoleh darilembar observasi dan angket siswa yang dianalisis dengan menghitung presentase dan di interpretasikan kedalam tabel kriteria kemampuan kerjasama siswa dalam pembelajaran IPA serta diperkuat dengan angket guru dan wawancara guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum kemampuan kerjasama siswa pembelajaran IPA di SD Negeri 1 Rajabasa termasuk dalam kriteria “sedang”sebesar 56%, dengan aspek kemampuan kerjasama yang tertinggi yaitu “menerima tanggung jawab” dan “berada dalam tugas”. Sedangkan pola kerjasama yang terbentuk pada siswa SD Negeri 1 Rajabasa yaitu pola kerjasama berbeda dan pola kerjasama suplementer. Pola kerjasama yang paling menonjol yaitu pola kerjasama berbeda yang dilakukan oleh 5 kelompok. Kata kunci:kemampuan kerjasama, pembelajaran IPA, pola kerjasama

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
> QH Natural history > QH301 Biology
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 0016177 . Digilib
Date Deposited: 29 Dec 2016 03:48
Terakhir diubah: 29 Dec 2016 03:48
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/24964

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir