PENGARUH MOTIVASI BERPRESTASI DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI KELAS X SMA NEGERI 1 METRO TAHUN AJARAN 2015/2016

Erwin Setiadi Pangestu, 1213031029 (2016) PENGARUH MOTIVASI BERPRESTASI DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI KELAS X SMA NEGERI 1 METRO TAHUN AJARAN 2015/2016. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (930Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (736Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum optimalnya hasil belajar ekonomi serta mengkaji tentang efektivitas hasil belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan model Guided Inquiry Learning (GIL) dan Cooperative Integrated Reading Composition (CIRC) dengan memperhatikan tugas yang diberikan untuk mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Kalianda. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas hasil belajar dengan model pembelajaran Guided Inquiry Learning (GIL) dan Cooperative Integrated Reading Composition (CIRC) dengan memperhatikan bentuk penugasan yang diberikan kepada siswa yaitu penugasan portofolio dan proyek. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode komparatif dengan pendekatan eksperimen semu. Populasi pada penelitian ini terdapat 5 kelas yang terdiri dari 203 siswa dengan teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling sehingga diperoleh sampel dua kelas dengan jumlah 82 siswa. Teknik pengumpulan data dengan tes. Teknik analisis data menggunakan rumus t-test dua sampel independen dan analisis varian dua jalan. Hasil analisis data menunjukkan (1) Ada perbedaan signifikan rata-rata hasil belajar ekonomi siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Guided Inquiry Learning dengan model Cooperative Integrated Reading Composition (2) Ada perbedaan hasil belajar ekonomi antara siswa yang diberi penugasan portofolio dengan siswa yang diberi penugasan proyek (3) Ada interaksi antara model pembelajaran dengan bentuk tugas pada mata pelajaran ekonomi (4) Rata-rata hasil belajar siswa dalam pembelajaran ekonomi yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Guided Inquiry Learning lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading Composition pada siswa yang mengerjakan tugas portofolio (5) Rata-rata hasil belajar siswa dalam pembelajaran ekonomi yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Guided Inquiry Learning lebih rendah dibandingkan dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading Composition pada siswa yang mengerjakan tugas proyek (6) Rata-rata hasil belajar siswa dalam pembelajaran ekonomi yang mengerjakan tugas portofolio lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang mengerjakan tugas proyek pada siswa yang pembelajarannya dengan Guided Inquiry Learning (7) Rata-rata hasil belajar siswa dalam pembelajaran ekonomi yang mengerjakan tugas portofolio lebih rendah dibandingkan dengan siswa yang mengerjakan tugas proyek dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading Composition. Kata kunci: hasil belajar, Guided Inquiry Learning, Cooperative Integrated Reading Composition, tugas portofolio, tugas proyek

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS
Pengguna Deposit: 7331358 . Digilib
Date Deposited: 29 Dec 2016 07:42
Terakhir diubah: 29 Dec 2016 07:42
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/24978

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir