PENGGUNAAN ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI 9 METRO PUSAT TAHUN PELAJARAN 2015/2016

ETIKA RESMIYATI, 1013099010 (2016) PENGGUNAAN ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI 9 METRO PUSAT TAHUN PELAJARAN 2015/2016. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1606Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (932Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 9 Metro Pusat. Berdasarkan observasi di kelas IV SD Negeri 9 Metro Pusat Kota Metro menunjukkan bahwa guru cenderung menggunakan metode ceramah, siswa pasif, siswa kesulitan dalam memahami konsep-konsep materi pelajaran matematika, disamping itu, guru kurang memberikan contoh-contoh yang kongkrit sehingga menyebabkan hasil belajar siswa rendah. Oleh sebab itu perlu penggunaan alat peraga untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pelajaran matematika kelas IV SD Negeri 9 Metro Pusat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 9 Metro Pusat berjumlah 36 orang. Prosedur penelitian berbentuk siklus, setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan tes tertulis. Teknis analisis data yang digunakan adalah metode kuantitatif kemudian dijabarkan menjadi deskripsi kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan alat peraga dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat aktivitas siswa siklus I cukup aktif dan pada siklus II menjadi aktif. Demikian juga hasil belajar siswa siklus I dengan kategori baik dan siklus II mengalami peningkatan dengan kategori sangat baik. Kata kunci: aktivitas belajar, alat peraga Matematika, hasil belajar.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
> LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2653501 . Digilib
Date Deposited: 29 Dec 2016 07:28
Terakhir diubah: 29 Dec 2016 07:28
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/24982

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir