Janatun, Naim (2014) PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 TUMIJAJAR TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Other thesis, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (54Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (170Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (342Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (350Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SURAT PERNYATAAN.pdf Download (256Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (103Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (184Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (169Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (2190Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (53Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR IS1.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DARTAR PUSTAKA.pdf Download (6Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini dilakukan berdasarkan rumusan masalah, yaitu bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran menulis teks eksplanasi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tumijajar Tahun Pelajaran 2013/2014. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan (1) perencanaan pembelajaran menulis teks eksplanasi, (2) pelaksanaan pembelajaran menulis teks eksplanasi, dan (3) penilaian pembelajaran menulis teks eksplanasi. Desain penelitian menggunakan deskriptif kualitatif. Sumber data yaitu pembelajaran menulis teks eksplanasi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tumijajar dan difokuskan pada perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian pembelajaran. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi, wawancara, dan rekaman. Teknik analisis data berupa (1) melakukan kegiatan observasi, melihat kelas yang akan dijadikan penelitian, dan melihat RPP yang dibuat oleh guru, (2) melakukan dokumentasi terkait dengan RPP yang telah dibuat guru, (3) melakukan wawancara terhadap guru Bahasa Indonesia terkait dengan pembelajaran, (4) merekam dan mendokumentasikan setiap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru dan aktivitas siswa, dan (5) menyimpulkan hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah melakukan tiga tahapan, yakni pada perencanaan pembelajaran, guru membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) berdasarkan komponen-komponen RPP pada Kurikulum 2013. Pada pelaksanaan pembelajaran terdapat dua aktivitas, yaitu aktivitas guru dan siswa. Aktivitas yang dilakukan oleh guru meliputi tiga kegiatan, yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Penilaian yang dilakukan oleh guru mencakup penilaian kompetensi sikap dengan teknik observasi, penilaian kompetensi pengetahuan dengan teknik tes tulis dan tes lisan, dan penilaian kompetensi keterampilan dengan tes praktik. Dalam pelaksanaan pembelajaran menulis teks eksplanasi dilakukan selama tiga kali pertemuan. Ketiga pertemuan tersebut guru melakukan tiga kegiatan, yaitu, pertama kegiatan pendahuluan, guru melakukan apersepsi dan penyampaian kompetensi rencana kegiatan. Bentuk apersepsi yang dilakukan oleh guru pada pertemuan pertama adalah guru membangun konteks tentang subtema Gempa Bumi dan mengaitkan dengan pengalaman nyata siswa. Pertemuan kedua guru melakukan kegiatan apersepsi dengan mengaitkan pada materi pembelajaran sebelumnya tentang isi yang terdapat teks eksplanasi Gempa Bumi. Pada pertemuan ketiga, guru mengaitkan dengan materi pembelajaran sebelumnya tentang struktur teks eksplanasi. Pada kegiatan inti, guru melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan scientific dan media pembelajaran berupa teks eksplanasi Gempa Bumi. Kegiatan pertemuan pertama, guru melakukan kegiatan tanya jawab dan diskusi kelompok dengan mengerjakan soal-soal yang terdapat dalam buku siswa (mengamati), lalu siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok (mencoba) dan siswa lain menanggapi (menanya, mengeksplorasi dan menginformasikan). Pertemuan kedua, guru kembali melakukan kegiatan pembelajaran dan membahas tentang struktur teks eksplanasi (mencoba dan mengamati), dan kemudian menganalisis struktur teks eksplanasi pada teks Gempa Bumi (mengamati). Pertemuan ketiga, guru membelajarakan kepada siswa tentang kebahasaan yang terdapat pada teks eksplanasi (mengeksplorasi), kemudian siswa menganalisis kebahasaan yang terdapat pada teks Gempa Bumi (mengamati). Untuk kegiatan penutup guru melakukan refleksi dan menginformasikan materi yang akan dibelajarkan untuk pertemuan selanjutnya. Selama kegiatan inti berlangsung, terdapat aktivitas siswa, yaitu: (1) aktivitas melihat seperti mengamati dan menjawab pertanyaan mengenai teks eksplanasi Gempa Bumi, (2) aktivitas lisan seperti bertanya, berdiskusi, dan mempresentasikan hasil kerja kelompok, serta menanggapi, (3) aktivitas mendengarkan berupa mendengarkan intruksi guru dan jawaban yang dipresentasikan oleh siswa lainnya, (4) aktivitas menulis yaitu saat siswa menulis teks eksplanasi, struktur teks eksplanasi, dan unsur kebahasaan yang terdapat pada teks eksplanasi, (5) aktivitas gerak berupa siswa mengangkat tangan untuk mendapatkan kesempatan, siswa maju, dan menuliskan jawabannya di papan tulis, (6) aktivitas mental siswa memberanikan diri untuk dapat menjawab pertanyaan dan menuliskan hasil temuannya di papan tulis, dan (7) aktivitas emosi seperti siswa mempresentasikan hasil diskusi dan menanggapi dengan pertanyaan atau membantu menjawab dengan antusias. Penilaian yang dilakukan guru adalah dengan melakukan penilaian sikap yang berupa nilai tanggung jawab, jujur, kreatif, dan santun. Penilaian pengetahuan dengan tugas yang ada dalam buku teks. Penilaian keterampilan dengan menuliskan struktur teks dan kebahasaan yang terdapat dalam teks serta menanggapi pertanyaan kelompok.
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Other) |
---|---|
Subyek: | > Karya Karya Umum = 000 |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah |
Pengguna Deposit: | 296289 . Digilib |
Date Deposited: | 15 Aug 2014 04:21 |
Terakhir diubah: | 15 Aug 2014 04:21 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/2499 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |