PENGARUH PENGGUNAAN ARANG SEKAM PADI SEBAGAI ADSORBEN UDARA PEMBAKARAN TERHADAP PRESTASI SEPEDA MOTOR BENSIN 4 LANGKAH

Marasie Siregar , RAKHMAD AFRIZAL SIREGAR (2011) PENGARUH PENGGUNAAN ARANG SEKAM PADI SEBAGAI ADSORBEN UDARA PEMBAKARAN TERHADAP PRESTASI SEPEDA MOTOR BENSIN 4 LANGKAH. Fakultas Teknik, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (88Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (96Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (126Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
04 Halaman Persetujuan.pdf

Download (96Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
04aPERNYATAAN PENULIS.pdf

Download (80Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
05 PENGESAHAN.pdf

Download (89Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (120Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (88Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (126Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (176Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
II.pdf

Download (545Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
III.pdf

Download (862Kb) | Preview
[img] Text
IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274Kb)
[img]
Preview
Text
V.pdf

Download (115Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (142Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN B.pdf

Download (35Kb) | Preview

Abstrak

Konsumsi bahan bakar motor bensin dan diesel sektor transportasi telah mencapai 48% dari total konsumsi BBM secara nasional, dimana hal ini menyebabkan cadangan BBM semakin menipis. Dengan kondisi seperti ini, pemerintah telah menerapkan kebijakan pembatasan BBM di berbagai daerah. Konsumsi BBM kendaraan bermotor dapat dikurangi dengan memanfaatkan potensi Sumber Daya Alam yang melimpah khususnya di Provinsi Lampung yaitu menggunakan pellet arang dari sekam padi. Penelitian ini dilakukan dengan beberapa variasi pengujian diantaranya adalah pengujian berjalan (road test dan akselerasi), dan pengujian stasioner. Pengujian road test dilakukan dengan menempuh jarak 5 km yang berjalan secara konstan dengan besar kecepatan 40 km/jam dan 60 km/jam. Sedangkan pengujian akselerasi dari keadaan diam menempuh kecepatan 0-100 km/jam, 70-100 km/jam, 40-90 km/jam, dan 40-100 km/jam (dengan perpindahan gigi). Untuk pengujian stasioner dilakukan pada putaran 1000 rpm, 1500 rpm, dan 3500 rpm menggunakan pellet arang dan tanpa pellet arang. Pellet arang yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari dua ukuran diameter (10 mm dan 15 mm) dan beberapa variasi massa (5 gram, 10 gram, dan 15 gram). Pellet arang tersebut dikemas dalam suatu frame dan diletakkan di dalam saringan udara (filter) kendaraan uji sepeda motor Jupiter MX 135 LC. Sehingga sebelum udara masuk ke dalam filter kendaraan, terlebih dahulu terkontak dengan pellet arang. Dalam penelitian ini, terbukti pellet arang mampu menghemat konsumsi bahan bakar hingga sebesar 42,1% pada pengujian road test jarak tempuh 5 km. Sedangkan pada pengujian akselerasi 0-100 km/jam mampu mempercepat waktu tempuh sebesar 7,39%, akselerasi 70-100 km/jam mampu mempercepat waktu 0,182%, akselerasi 40-90 km/jam mampu meningkatkan akselerasi sebesar 5,223%, dan akselerasi 40-100 km/jam mampu meningkatkan percepatan sebesar 0,60%. Untuk pengujian stasioner, pellet arang mampu menghemat konsumsi bahan bakar pada putaran 1000 rpm sebesar 8,95%, pada putaran 1500 mampu menurunkan konsumsi bahan bakar sebesar 8,24%, dan pada putaran 3500 rpm mampu menurunkan konsumsi bahan bakar sebesar 4,66%. Kata kunci : Menghemat konsumsi bahan bakar, arang sekam padi, adsorben pellet arang.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: Teknologi > Teknik mesin dan mesin
Teknologi > Teknik mesin dan mesin
Program Studi: Fakultas Teknik > Prodi Teknik Mesin
Depositing User: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 07 Jan 2014 07:19
Last Modified: 07 Jan 2014 07:19
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/25

Actions (login required)

View Item View Item