EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PREDIKSI DAN INFERENSI PADA MATERI POKOK LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON-ELEKTROLIT SERTA REDOKS

Gino, GESTI EKA SAPUTRI (2013) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PREDIKSI DAN INFERENSI PADA MATERI POKOK LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON-ELEKTROLIT SERTA REDOKS. Fakultas KIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
2. COVER DALAM.pdf - Published Version

Download (18Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
1. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
3. HALAMAN PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (2450Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
5. PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (1308Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
10. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf - Published Version

Download (29Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf - Published Version

Download (78Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf - Published Version

Download (50Kb) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (414Kb)
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf - Published Version

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (12Kb) | Preview
[img] Archive
3. LAMPIRAN.zip - Published Version

Download (4Mb)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendekripsikan efektivitas model pembelajaran problem solving dalam meningkatkan keterampilan prediksi dan inferensi pada materi pokok larutan elektrolit dan non-elektrolit serta redoks. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Non-Equivalent Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa MAN 1 Bandar Lampung kelas X6 dan kelas X7 semester genap Tahun Ajaran 2012-2013 yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Efektivitas model pembelajaran problem solving diukur berdasarkan peningkatan N-gain yang signifikan dan uji perbedaan dua rata-rata (uji t). Hasil penelitian menunjukkan nilai rerata N-gain keterampilan prediksi untuk kelas kontrol dan eksperimen masing-masing 0,48 dan 0,57; dan nilai rerata Ngain keterampilan inferensi untuk kelas kontrol dan eksperimen masing-masing 0,47 dan 0,57. Gesti Eka Saputri Berdasarkan hasil uji t, diketahui bahwa kelas dengan menggunakan model pembelajaran problem solving memiliki keterampilan prediksi dan inferensi yang lebih tinggi dibandingkan kelas dengan pembelajaran konvensional. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran problem solving efektif dalam meningkatkan keterampilan prediksi dan inferensi pada materi pokok larutan elektrolit dan nonelektrolit serta redoks. Kata kunci: keterampilan inferensi, keterampilan prediksi, model pembelajaran problem solving.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
Q Science (General) > QD Chemistry
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: Farid Hambali Prihantoro, A.Md.
Date Deposited: 08 Jan 2014 07:11
Last Modified: 08 Jan 2014 07:11
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/250

Actions (login required)

View Item View Item