PENGARUH MUTU LAYANAN DAN PROSEDUR PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT ( STUDI PADA PROGRAM BINA LINGKUNGAN SMPN 4 BANDAR LAMPUNG )

MARIA VIVERA, 1426061022 (2016) PENGARUH MUTU LAYANAN DAN PROSEDUR PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT ( STUDI PADA PROGRAM BINA LINGKUNGAN SMPN 4 BANDAR LAMPUNG ). Masters thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img] Text
TESIS FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2033Kb)
[img]
Preview
Text
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1701Kb) | Preview

Abstrak

Permasalahan dalam penelitian ini adalah menurunnya kepuasan masyarakat terhadap program Bina Lingkungan disebabkan terjadinya penyimpangan target sasaran yang seyogyanya diperuntukan untuk orang tidak mampu dan bertempat tinggal di wilayah sekitar sekolah. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi sebagai sampel yang digunakan adalah seluruh wali siswa SMPN 4 Bandar Lampung yang mengikuyi program Bina Lingkungan yang berjumlah 100 wali siswa. Analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan inferensial dengan mengunakan model regresi linear berganda. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa variabel mutu layanan dan prosedur pelayanan berpengaruh secara parsial maupun simultan terhadap Kepuasan masyaakat. Koefisien determinasi nilai R Square sebesar 0,674 hal ini menunjukkan besarnya pengaruh variabel mutu layanan dan prosedur pelayanan terhadap Kepuasan masyarakat sebesar 32,1% sedangkan sisanya sebesar 67,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Berdasarkan nilai-nilai tersebut dibentuk model persamaan analisis regresi linear berganda sebagai berikut: Y = 8,714 (Kepuasan Masyarakat) + 0,321 (Mutu Layanan) + 0,304 (Prosedur Pelayanan). Nilai tersebut mempunyai arti nilai konstansta yang menyatakan bahwa jika tidak ada perubahan pada variabel mutu layanan dan prosedur pelayanan maka kepuasan masyrakat tetap memiliki nilai sebesar 8,714. Koefisien regresi Mutu Layanan (X1) adalah sebesar 0,321, artinya setiap terjadi kenaikan 1 nilai pada variabel Mutu Layanan maka akan meningkatkan Kepuasan Masyarakat sebesar 0,321. Hasil uji t diperoleh perhitungan mutu layanan (3,136 >1,66), Prosedur Pelayanan (2,746 > 1,66) artinya mutu layanan dan prosedur pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan masyarakat Selanjutnya hasil perhitungan mengggunakan uji f sebesar Fhit >Ftabel atau 22,943 > 3,087 artinya mutu layanan dan prosedur pelayanan secara simultan berpengaruh terhadap kepuuasan masyarakat peserta Program Bina Lingkungan di SMPN 4 Bandar Lampung. Kata kunci: Mutu Layanan, Prosedur Pelayanan, Kepuasan Masyarakat THE INFLUENCE OF SERVICE QUALITY AND PROCEDURES TOWARDS PUBLIC SATISFACTION (BINA LINGKUNGAN PROGRAM OF SMPN 4 BANDAR LAMPUNG) The problem in this research is the decrease in people's satisfaction of the Community Development program due to the deviation of the target that should be allocated to people unable to and residence in the area around the school. The method used is descriptive with quantitative approach. The population as a whole sample is parent of student as 100 sample. The analysis used is descriptive and inferential statistical analysis by using linear regression models. Based on the results of this study concluded that the variable quality of service and service procedures or simultaneous partial effect to the public satisfaction The coefficient of determination value R Square of 0.674 this shows the influence of the variable quality of service and service procedures to the satisfaction of the community amounted to 32.1% while the remaining 67.9% is influenced by other factors not examined in this study. Based on these values established model of multiple linear regression equation as follows: Y = 8.714 (Community Satisfaction) + 0.321 (Quality of Service) + 0.304 (Procedure). These values have meaning constant value which states that if there is no change in the variable quality of care and service procedures, the satisfaction of the community still has a value of 8.714. The regression coefficient Quality of Service (X1) is equal to 0.321, meaning that every one there was an increase in the variable value will increase the Quality of Service Public Satisfaction by 0.321. t test results obtained by the calculation of quality of service (3.136> 1.66), Procedures (2.746> 1.66) means the quality of service and service procedures affect the people's satisfaction The results of the test use traditional calculation of F count > F table or 22.943> 3.087 means the quality of service and service procedures simultaneously affect the public satisfaction of Bina Lingkungan Program participants at SMPN 4 Bandar Lampung. Keywords: Quality of Service, Procedures, Public Satisfaction

Tipe Karya Ilmiah: Tesis (Masters)
Subyek: H Ilmu Sosial = Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
L Education > L Education (General) = Pendidikan
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Magister Ilmu Administrasi
Depositing User: 2902044 . Digilib
Date Deposited: 03 Jan 2017 04:56
Last Modified: 03 Jan 2017 04:56
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/25047

Actions (login required)

View Item View Item