PENGARUH PENGGUNAAN BAHAN AJAR LEAFLET TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI VIRUS (Studi Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas X Semester Ganjil SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016)

KURNIASIH, 0913024101 (2016) PENGARUH PENGGUNAAN BAHAN AJAR LEAFLET TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI VIRUS (Studi Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas X Semester Ganjil SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (78Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (674Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1224Kb)

Abstrak

Hasil wawancara dengan guru biologi yang mengajar di kelas X SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung diketahui bahwa dalam proses pembelajaran, guru masih terjebak dalam praktek pembelajaran yang membosankan yaitu guru hanya memberikan penugasan serta rendahnya minat baca siswa untuk membaca sumber pelajaran, sehingga berdampak rendahnya hasil belajar siswa. Salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa yaitu penggunaan bahan ajar leaflet. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penggunaan bahan ajar leaflet terhadap hasil belajar siswa. Desain penelitian ini adalah pretes postes tak ekuivalen. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas Xc (kelas eksperimen) dan kelas Xb (kelas kontrol) yang dipilih dengan teknik clusster random sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretest, posttest, dan N-gain dan dianalisis dengan uji U. Data kualitatif berupa rata-rata persentase aktivitas siswa yang diperoleh dari hasil observasi pada tiap pertemuan dan angket tanggapan siswa terhadap penggunaan bahan ajar leaflet kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada bahan ajar leaflet dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan rata-rata berkriteria cukup yaitu 70,25% hal ini juga terlihat dari peningkatan untuk semua aspek yang diamati yaitu megajukan pertanyaan berkriteria cukup (66%); mengemukakan pendapat/ide berkriteria cukup (67,2%); bekerja sama dengan teman dalam tugas kelompok berkriteria baik (74%); berkomunikasi dalam kelompok berkriteria cukup (69%); bekerjasama dalam menyelesaikan tugas kelompok (69%); dan menjawab pertanyaan berkriteria cukup (73%). Hasil belajar siswa dengan rata-rata nilai pretest (17,28); posttest (85,44); dan N-gain (83,02). dapat dilihat bahwa nilai pretes, postes, serta N-gain siswa dilakukan dengan uji normalitas yang kemudian dilanjutkan dengan menggunakan uji Mann-Whitney U. Untuk nilai pretes pada kelas kontrol p (0,283) > (0,140) dan pada kelas eksperimen p (0,283) > (0,141) sehingga diketahui untuk nilai pretes pada kedua kelas berbeda tidak signifikan. Hasil uji U untuk kelas kontrol p (0,001) < (0,140) dan kelas eksperimen p (0,001) < (0,141) sehingga diketahui untuk nilai postes kedua kelas berbeda signifikan. Hasil uji U untuk N-gain pada kelas kontrol p (0,000) < (0,140) dan pada kelas eksperimen p (0,000) < (0,141) sehingga nilai N-gain kedua kelas berbeda signifikan. Berbeda signifikan artinya nilai N-gain kelas eksperimen berbeda dengan nilai N-gain kelas kontrol. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan bahan ajar leaflet berpengaruh signifikan dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi pokok virus. Kata kunci : leaflet, aktivitas, hasil belajar, Virus.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
Q Science (General) > QH Natural history > QH301 Biology
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: 7737417 . Digilib
Date Deposited: 04 Jan 2017 08:02
Last Modified: 04 Jan 2017 08:02
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/25063

Actions (login required)

View Item View Item