PERBANDINGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA JALUR REGULER DAN BINA LINGKUNGAN SEMSETER GANJIL KELAS VII SMP NEGERI 22 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2015/2016

Puji Puspita Sari, 1213033059 (2016) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA JALUR REGULER DAN BINA LINGKUNGAN SEMSETER GANJIL KELAS VII SMP NEGERI 22 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2015/2016. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2411Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2412Kb) | Preview

Abstrak

Salah satu upaya pemerintah daerah Kota Bandar Lampung untuk memberikan layanan pendidikan yang berkualitas kepada warga negara yaitu melalui program PPDB jalur bina lingkungan. Jalur ini diperuntukan bagi calon siswa dari keluarga tidak mampu yang berdomisili dekat dengan sekolah, dan terdaftar resmi sebagai warga Kota Bandar Lampung dan juga untuk anak kandung pendidik/tenaga kependidikan. Selain jalur bina lingkungan pada tahun ajaran 2015/2016 khususnya di SMP Negeri 22 Bandar Lampung terdapat juga jalur reguler, yang diperuntukan bagi calon siswa berprestasi dan siswa lain yang tidak dapat mendaftar melalui jalur bina lingkungan. Berdasarkan nilai hasil belajar IPS ulangan harian, ulangan tengah semester dan ulangan akhir semester, kemudian peneliti tertarik untuk melihat apakah ada perbedaan hasil belajar IPS siswa jalur reguler dan bina lingkungan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar perbedaan hasil belajar IPS siswa jalur reguler dan bina lingkungan semester ganjil kelas VII SMP Negeri 22 Bandar Lampung tahun ajaran 2015/2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, karena penelitian ini merupakan tipe perbandingan dari kondisi yang ada, dalam hal ini adalah data yang ada. Pengumpulan data dilakukan berdasarkan dokumentasi, kepustakaan, observasi dan wawancara. Sedangkan untuk menganalisis data digunakan analisis komparatif t-test dua sampel. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan cukup besar antara hasil belajar IPS yang dicapai oleh siswa jalur reguler dan bina lingkungan kelas VII SMP Negeri 22 Bandar Lampung tahun ajaran 2015/2016. Hal itu terbukti dengan harga thitung = 2,75 > ttabel = 1,69. Perbedaan hasil belajar tersebut terjadi dikarenakan faktor intern dan ekstern yang mempengaruhi hasil belajar. Kata kunci: bina lingkungan, hasil belajar, dan reguler

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS
Pengguna Deposit: 3948832 . Digilib
Date Deposited: 05 Jan 2017 06:42
Terakhir diubah: 05 Jan 2017 06:42
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/25071

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir