HUBUNGAN AKTIVITAS BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER DENGAN HASIL BELAJAR SEJARAH KELAS X SMA NEGERI 13 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2015/2016

YOGI PUTRA, 1213033079 (2016) HUBUNGAN AKTIVITAS BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER DENGAN HASIL BELAJAR SEJARAH KELAS X SMA NEGERI 13 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2015/2016. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf

Download (47Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (3591Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2538Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Berdasarkan observasi yang telah dilakukan oleh peneliti di SMA Negeri 13 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016, diketahui bahwa hasil belajar sejarah siswa kelas X masih tergolong rendah. Kegiatan pembelajaran pada Mata Pelajaran Sejarah yang dilakukan hanya dengan ceramah dan tidak ada partisipasi siswa dalam proses belajar mengajar, sehingga kegiatan pembelajaran pada mata pelajaran sejarah tidak berjalan dengan optimal dan siswa kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran yang berpengaruh rendahnya belajar siswa pada mata pelajaran sejarah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan yang signifikan aktivitas berbicara melalui model pembelajaran Advance Organizer dengan hasil belajar sejarah kelas X SMA Negeri 13 Bandar Lampung tahun ajaran 2015/2016. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidak hubungan aktivitas belajar siswa melalui model pembelajaran Advance Organizer dengan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas X SMA Negeri 13 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain One Shoot Case Study dengan teknik analisis data kuantitatif menggunakan uji korelasi Kruskal’s Gamma. Hasil analisis data yang telah dilakukan menunjukan nilai yang dilakukan didapatkan Zhitung (16,7) > Ztabel (1,64). Hal ini berarti bahwa ada hubungan aktivitas belajar siswa melalui model pembelajaran Advance Organizer dengan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas X SMA Negeri 13 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LA History of education
> LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS
Pengguna Deposit: 4550853 . Digilib
Date Deposited: 06 Jan 2017 03:37
Terakhir diubah: 06 Jan 2017 03:37
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/25084

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir