PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA MATA PELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 PAGELARAN TAHUN AJARAN 2016/2017

Putri Pandan Wangi, 1213033060 (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA MATA PELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 PAGELARAN TAHUN AJARAN 2016/2017. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (34Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1484Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (933Kb) | Preview

Abstrak

Ilmu pengetahuan dari masa ke masa mengalami perkembangan yang pesat. Perkembangan dalam ilmu pengetahuan dan teknologi tentunya memberi kontribusi yang baik dalam dunia pendidikan khususnya dalam kegiatan belajar mengajar disekolah. Kegiatan belajar mengajar tentunya harus mengikuti perkembangan zaman, misalnya belajar mengajar menggunakan model pembelajaran yang tepat. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan agar tujuan pembelajaran tercapai adalah menerapkan Model Pembelajaran Think Pair Share Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah ada pengaruh model pembelajaran Think Pair Share terhadap hasil belajar kognitif Pada Mata Pelajaran Sejarah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Pagelaran Tahun Ajaran 2016/2017?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui “Pengaruh model pembelajaran Think Pair Share terhadap hasil belajar kognitif Pada Mata Pelajaran Sejarah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Pagelaran Tahun Ajaran 2016/2017”. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Posttest Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Pagelaran tahun ajaran 2016/2017. Sampel dipilih secara Random menggunakan teknik Probability Sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif deskriptif dengan dilakukan uji analisis data dengan rumus Uji t. Berdasarkan analisis data secara kuantitatif dengan menggunakan uji t dapat ditarik kesimpulan bahwa diperoleh hasil 2,42, karena 2,42 > 2,003 (thitung > ttabel) maka H0 ditolak dan H1 diterima, Maka dapat ditarik kesimpulan “Ada Pengaruh model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share terhadap hasil belajar kognitif pada mata pelajaran sejarah siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Pagelaran Tahun Ajaran 2016/2017”.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: Ilmu Bantu Sejarah > Ilmu bantu sejarah (Umum)
L Education > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS
Depositing User: 0124942 . Digilib
Date Deposited: 10 Jan 2017 03:55
Last Modified: 10 Jan 2017 03:55
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/25095

Actions (login required)

View Item View Item