Dwi Rahmawati, 1013031078 (2014) Studi Perbandingan Hasil Belajar IPS Terpadu Siswa Dengan Menggunakan Media ICT Dan Media Visual Pada Siswa Kelas IX SMP Kartika II-2 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2013/2014. Universitas Lampung, FKIP.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (105Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (127Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (101Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf Download (87Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (25Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (46Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (124Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (118Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (51Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (84Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (72Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (70Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (210Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (459Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (302Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (589Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (86Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (89Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Abstrak Bahasa Indonesia Sekarang ini pendidikan Indonesia dihadapkan dengan masalah rendahnya hasil belajar peserta didik. Seiring perkembangan zaman, guru dituntut untuk dapat melakukan pembaharuan pada proses pembelajaran agar siswa lebih memahami materi yang disampaikan. Salah satu faktor yang mempengaruhi proses belajar mengajar di dalam kelas antara lain media pembelajaran. Penelitian ini mengkaji tentang Studi Perbandingan Hasil Belajar IPS Terpadu Siswa dengan Menggunakan Media ICT dan Media Visual Pada Siswa Kelas IX SMP Kartika II-2 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2013/2014. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar antara penggunaan media ICT dan media visual dan untuk mengetahui perbedaan efektivitas penggunaan media ICT dan media visual pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas IX SMP Kartika II-2 Bandar Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen dengan pendekatan komparatif. Populasi dalam penelitian ini seluruh kelas IX sebanyak 131 siswa dengan jumlah sampel sebanyak dua kelas, yaitu kelas eksperimen sebanyak 44 siswa dan kelas kontrol 43 siswa.Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik cluster random sampling. Teknik pengambilan data yaitu dengan observasi, dokumentasi,dan tes. Pengujian hipotesis pertama menggunakan T-Test Dua Sampel Independent dan untuk pengujian hipotesis kedua menggunakan rumus efektifitas Gain. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil sebagai berikut, hipotesis pertama yaitu ada perbedaan rata-rata hasil belajar IPS Terpadu yang diajar dengan menggunakan media ICT dan yang diajar dengan menggunakan media visual. Hal ini ditunjukan dengan Thitung (3,364) > Ttabel (1,98). Sedangkan untuk hipotesis kedua dengan perhitungan manual dengan rumus N-Gain diperoleh hasil keefektifan penggunaan media ICT dan media visual adalah 1,21 yang artinya penggunaan media ICT lebih efektif dibandingkan media visual. Abstract Bahasa Inggris Nowdays the education in Indonesia is faced with the problem of low learning results of students. By the times, teachers are required to be able to make updates to the learning process so that students better understand the material presented. One of the factors that affect the learning process in the classroom include instructional media. This study examines Comparative Study Of Students’ Learning Results In IPS Terpadu Subject By Using ICT Media And Visual Media At The Ninth Grade of SMP Kartika II-2 Bandar Lampung Academic Year 2013/2014 This research aims to know whether there is any difference between students’ learning results in IPS Terpadu subject by using ICT media and visual media. And to know whether there is any difference of the effectiveness between the use of ICT media and visual media in IPS Terpadu subject at the ninth grade students of SMP Kartika II-2 Bandar Lampung. This research is an experimental research method with a comparative approach. This research is an experimental research method with a comparative approach. The population of this research are all of the student of ninth grade class consist of 131 students with a sample are two classes, experiments class are 44 students and 43 control classes. The sample was taken by using cluster random sampling. The data were collected by using observation, documentation and test. The data were analyzed by using T-test Two Sample Independent and Formula of N-Gain. Based on the analysis data the following results obtained, the first hypothesis is there is difference between students’ learning results in IPS Terpadu subject by using ICT media and visual media. This is shown by the t-test (3.364)> t-table (1.98). For the second hypothesis by manual calculation with the formula N-Gain the results obtained is the effectiveness of the use of ICT media and visual media is 1.21, which means the use of ICT media is more effective than visual media.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS |
Pengguna Deposit: | 606962 . Digilib |
Date Deposited: | 15 Aug 2014 05:05 |
Terakhir diubah: | 15 Aug 2014 05:05 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/2511 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |